Jalan Tol akan Dibangun di Wilayah Selatan Pulau Jawa

Kompas.com - 04/07/2017, 17:56 WIB
Kepadatan arus balik kendaraan mudik lebaran terlihat di Tol Cipularang-Palimanan menuju Jakarta, Jumat (30/6/2017). Kepadatan volume kendaraan terlihat di ruas jalan tol km 86 hingga km 138. KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMOKepadatan arus balik kendaraan mudik lebaran terlihat di Tol Cipularang-Palimanan menuju Jakarta, Jumat (30/6/2017). Kepadatan volume kendaraan terlihat di ruas jalan tol km 86 hingga km 138.
Penulis Dani Prabowo
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KompasProperti - Setelah sejumlah ruas tol di wilayah utara dan tengah Pulau Jawa digarap, usulan untuk menambah ruas tol baru kembali muncul. Kali ini, wilayah selatan Pulau Jawa yang disasar.

"Kami fokus, setelah ini ke selatan," kata Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Herry Trisaputra Zuna di kantornya, Senin (3/7/2017).

Ada pun ruas tol yang akan dibangun, salah di antaranya yakni tol Tegal-Cilacap. Jalan tol ini dapat menjadi alternatif bagi masyarakat yang ingin mengakses wilayah selatan dari jalur utara Pulau Jawa.

Di samping itu, Herry menambahkan, ruas tol baru yang juga akan digarap adalah Tol Cileunyi-Cilacap. Nantinya, tol tersebut menghubungkan sejumlah kawasan yang berada di di Jawa Barat dan Jawa Tengah.

"Tadi seperti Pak Menteri sampaikan hubungannya Tegal ke Cilacap dalam rencana, nanti ada badan usaha untuk itu," kata dia.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono sebelumnya menyebut, pembangunan jalur diagonal dari utara ke selatan Pulau Jawa merupakan salah alternatif yang akan ditempuh pemerintah untuk mengurai kemacetan.

Tak hanya jalan tol, tetapi juga pengembangan jalur alternatif diagonal seperti yang menghubungkan wilayah Banyuputih di Batang ke Parakan di Temanggung.

"Kalau arteri dan jalan tol itu kan sudah backbone-nya, jalur alternatif jalan provinsi yang perlu kita tangani, yang diagonal terutama yang ke arah selatan," kata Basuki.

Kompas Video alan Tol Trans-Jawa yang dibuka sementara atau fungsional sepanjang 337 kilometer.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.