Integrasi Transaksi Tol Jagorawi Diharapkan Rampung Bulan Ini

Kompas.com - 04/07/2017, 15:00 WIB
Gerbang tol Cimanggis Utama KOMPAS/RIZA FATHONIGerbang tol Cimanggis Utama
Penulis Dani Prabowo
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KompasProperti - Rencana pemerintah untuk mengintegrasikan proses transaksi di Tol Jagorawi terus dimatangkan. Integrasi pembayaran dilakukan untuk mengurangi tingkat kemacetan yang kerap terjadi di ruas tol tersebut.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Herry Trisaputra Zuna mengatakan, integrasi dilakukan dengan cara menutup Gerbang Tol (GT) Cibubur Utama dan GT Cimanggis Utama.

"Harapannya bulan ini (dapat terlaksana)," kata Herry di kantornya, Senin (3/7/2017).

Dengan menutup kedua GT tersebut, maka proses transaksi akan dialihkan. Masyarakat yang menuju Jakarta akan membayar tol di akses masuk atau on ramp, sedangkan yang menuju Ciawi akan membayar di akses keluar atau off ramp.

"Nanti kan sistemnya terbuka seperti ke Jakarta-Tangerang. Sehingga nanti dengan cara tadi, GT Cibubur dan Cimanggis akan dihilangkan," ujarnya.

tribunnews Persis di samping pintu Tol Cibubur Utama ini akan dikembangkan stasiun LRT yang terintegrasi dengan TOD Grand Dhika City.

Selama ini, GT Cibubur Utama dan GT Cimanggis Utama kerap menjadi salah penyebab terjadinya kemacetan. Dengan penutupan kedua GT tersebut, diharapkan tingkat kemacetan akan semakin berkurang.

"Itu yang diharapkan bukan?" kata dia.

Herry menambahkan, proses integrasi tersebut membutuhkan perencanaan yang matang. Tak hanya dari sisi kajian, tetapi juga dari sisi penyiapan infrastruktur.

Ia menyebut, secara fisik proses penggarapan infrastruktur sudah hampir rampung. Namun, ia tak ingin terburu-buru menerapkan integrasi pembayaran itu sebelum matang sepenuhnya.

"Karena bekerja di antara arus lalu lintas kan juga tidak mudah. Nanti kami cek dulu kesiapannya," pungkas Herry.

Kompas Video alan Tol Trans-Jawa yang dibuka sementara atau fungsional sepanjang 337 kilometer.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X