Kompas.com - 03/07/2017, 12:58 WIB
Penulis Dani Prabowo
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KompasProperti - Volume kendaraan yang melewati Gerbang Tol (GT) Palimanan Utama ke arah Jakarta pada H+7 atau Senin (3/7/2017) menurun, dibandingkan sehari sebelumnya. Penurunan tercatat mencapai 4,9 persen.

Berdasarkan data yang dirilis PT Lintas Marga Sedaya (LMS), hingga pukul 06.00 WIB, jumlah kendaraan yang melintasi GT Palimanan Utama tercatat sebanyak 57.745 unit.

Sedangkan, di posisi yang sama pada Minggu (2/7/2017), tercatat ada 60.694 unit kendaraan yang melintas.

"Meski demikian total kendaraan yang melintas di Tol Cipali, khususnya di GT Palimanan Utama, keluar dan masuk arah Cirebon dan Jakarta meningkat," kata Wakil Presiden Direktur PT LMS Firdaus Azis dalam keterangan tertulis yang diterima KompasProperti, Senin.

Secara keseluruhan, total kendaraan yang melintas di kedua arah hingga pukul 06.00 WIB mencapai 76.950 unit atau naik 2,4 persen dari kemarin, yang hanya 75.500 unit.

Ia menjelaskan, jumlah kendaraan yang masuk GT Palimanan Utama arah Jakarta pada Minggu kemarin, sebanyak 60.694 unit. Sedangkan, kendaraan yang menuju arah Cirebon tercatat 14.806 unit.

"Volume lali lintas hingga pagi ini lebih dari tiga kali lipat kondisi normal. Adapun kendaraan mudik arah Cirebot tercatat 19.205 unit," kata dia.

Sebelumnya, PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat, 72,03 persen kendaraan dari total pemudik yang keluar Jakarta sejak H-7 lebaran telah kembali ke Ibu Kota. Mereka kembali melintasi Tol Jakarta-Cikampek melalui GT Cikarang Utama.

Jumlah tersebut sebanyak 617.502 kendaraan yang dihitung dua hari setelah Idul Fitri, yaitu Minggu (26/6/2017), sampai dengan Sabtu (1/7/2017).

Kompas Video Tol Brebes Timur-Pemalang, dan Pemalang-Batang merupakan dua ruas yang difungsikan secara darurat pada Senin (19/6/2017).
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.