Demi Kenyamanan Pemudik Saat Arus Balik, LMS Sediakan Fasilitas Ini

Kompas.com - 29/06/2017, 12:34 WIB
Gerbang Tol Palimanan GARRY ANDREW LOTULUNG/Kompas.comGerbang Tol Palimanan
|
EditorHilda B Alexander

KOMPAS.com- Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) menjadi salah ruas tol utama favorit yang digunakan untuk arus balik.

Demi mendukung kenyamanan perjalanan arus balik para pemudik, pengelola tol Cipali, PT Lintas Marga Sedaya (LMS), pun memberikan beberapa fasilitas.

Pertama, sama seperti saat perjalanan mudik, LMS memberikan diskon sebesar 10 persen untuk kendaraan golongan 1 yang menggunakan kartu uang elektronik atau e-payment saat bertransaksi di gerbang tol (GT) Cipali. Diskon ini berlaku mulai Jumat (30/6/2017) hingga Minggu (2/7/2017).

Kendati demikian, pengemudi diimbau untuk menyiapkan uang pas Rp 55.500, khususnya untuk kendaraan yang masuk dari GT Kaligangsa atau GT Brebes Timur. Pasalnya, LMS tidak lagi memberlakukan pembulatan tarif.

Untuk mendukung langkah itu, LMS telah menyediakan pula voucher pengganti uang tunai dengan tarif normal Rp 55.500 sebelum gardu tol oleh petugas JKR dengan identitas LMS.

Berikutnya, LMS bekerja sama dengan Pertamina menyediakan BBM kemasan berukuran 10 liter di rest area Tol Cipali demi menghindari antrean panjang di SPBU.

LMS pun mengimbau para pengemudi untuk memastikan terlebih dahulu agar BBM di kendaraannya terisi penuh sebelum kembali ke Jakarta.

"Jika rest area penuh, pengemudi dapat beristirahat di luar area Tol Cipali dengan keluar melalui GT terdekat. Setelah itu, pengemudi bisa masuk kembali ke Tol Cipali dan tarif tolnya jika ditotal akan tetap sama," kata Wakil Direktur Utama LMS Firdaus Azis dalam keterangan tertulis kepada KompasProperti, Kamis (29/6/2017).

KOMPAS.com / DANI PRABOWO Salah rest area yang terdapat di ruas Jalan Tol Cipali
Selanjutnya, LMS menyediakan parking bay baru yang dilengkapi dengan fasilitas mushola dan toilet selama masa arus balik.

Namun, parking bay itu hanya akan dibuka sesuai dengan rekomendasi pihak kepolisian demi menjaga kenyamanan dan kelancaran seluruh pengguna jalan tol.

Parking bay tersebut berada di GT Cikopo di KM 78 A arah Cirebon dan KM 78 B arah Jakarta, serta KM 153+400 A arah Cirebon dan KM 155+200 B arah Jakarta.

Selain itu, di sepanjang jalan tol Cipali, terdapat delapan rest area, yaitu empat rest area Tipe A dan empat tipe B.

Rest area tipe A atau besar yang dilengkapi fasilitas parkir, rumah makan, ATM, toilet, mushola, SPBU, bengkel siaga, dan layanan kesehatan sementara berada di KM 102 arah Cirebon, KM 101 arah Jakarta, KM 166 arah Cirebon, dan KM 164 arah Jakarta.

Sementara itu, rest area Tipe B atau kecil yang dilengkapi fasilitas parkir, rumah makan, ATM, toilet, dan mushola tersedia di KM 86 arah Cirebon, KM 86 arah Jakarta, KM 130 arah Cirebon, dan KM 130 arah Jakarta.

Terakhir, bagi para pengemudi yang membutuhkan peta tol Cipali, LMS menyediakannya di rest area KM 164 arah Jakarta selama 28 Juni hingga 1 Juli 2017. Untuk keterangan lebih lanjut, silakan hubungi Info layanan tol Cipali (0260)7600600.

Kompas Video Para pengguna jalur Tol Ruas Solo-Sragen wajib waspada dikarenakan terdapat 54 Persimpangan dengan jalur warga.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X