Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agar Terhindar Macet Saat Balik, Pulanglah Sebelum Kamis

Kompas.com - 26/06/2017, 14:43 WIB
Mikhael Gewati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemudik yang menggunakan kendaraan roda empat diimbau agar pulang lebih cepat. Imbauan ini dilontarkan guna menghindari penumpukaan arus kendaraan pada puncak arus balik Lebaran yang diperkirakan terjadi pada H+5 Lebaran atau Jumat (30/6/2017).

“Untuk mewujudkan arus balik yang nyaman dan aman, kami mengimbau pengguna jalan dapat mengatur perjalanan kembali ke Jakarta agar tidak menumpuk pada akhir pekan. Pulang lebih awal minggu ini sebelum Kamis (29/6/2017)," tulis Asisstant Vice President (AVP) Corporate Communication PT Jasa Marga (Persero) Tbk Dwimawan Heru Santoso, dalam rilis yang diterima KompasProperti, Senin(26/6/2017).

Adapun untuk mengantisipasi lonjakan arus balik, ungkap Dwimawan, Jasa Marga telah melakukan beberapa hal guna mengantisipasi kepadatan yang biasanya terjadi di Jalan Tol Jakarta Cikampek dan Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama.

Pertama, pelayanan transaksi. Untuk meningkatkan layanan ini, Jasa Marga telah mengoptimalisasi jumlah gardu yang beroperasi di GT Cikarang Utama dari 24 gardu menjadi 30 gardu.

Pengguna kendaraan juga mendapat diskon tarif tol sebesar 20 persen pada H+4 lebaran sampai H+6.

Kedua, pelayanan lalu lintas. Jasa marga bersama pihak kepolisian melakukan sistem buka/ tutup menuju rest area. Mereka akan pun melakukan contraflow atau pengalihan lalu lintas pada Kilometer(KM) 65, 50, dan KM 28 sampai 22 arah ke Jakarta.

Untuk pengalihan lalu lintas arah GT Cikarang Utama melalui GT Cikarang Barat 2 dan masuk kembali melalui GT Cikarang Barat 4 sesuai diskresi Kepolisian.

Ketiga, pelayanan konstruksi. Jasa Marga telah membolehkan lajur milik Jakarta Cikampek Elevated untuk digunakan sebagai jalur tambahan pada KM 66-KM 62 arah Jakarta.

Dan keempat, penyediaan sarana dan prasarana. Guna mengantisipasi kepadatan di rest area, Jasa Marga telah mengoperasikan Parking Bay di KM 58 dan KM 34 arah Jakarta.

Rekayasa lalu-lintas Tol Jakarta-Cikampek

Tak cuma rekayasa untuk tol ke arah Jakarta, Jasa Marga bersama pihak kepolisian sejak pukul 12.50 WIB ini melakukan pula pengalihan lalu lintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek dari selepas Gerbang Tol Cikarut hingga Km 41 Arah Cikampek.

Langkah ini diambil setelah terjadi peningkatan volume atau kepadatan lalu-lintas di jalur tol tersebut.

“Kepadatan tersebut terjadi akibat dampak dari antrian kendaraan yang akan masuk ke TIP 33 dan 39 arah Cikampek dan perubahan lajur dari empat menjadi tiga lajur,” kata Heru.

Kompas Video Saat melintasi ruas Tol Bangil-Rembang pengendara disuguhi pemandangan indah Gunung Arjuno.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com