Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemudik Masih Padat, Tol Darurat Pemalang-Batang Kembali Dibuka

Kompas.com - 26/06/2017, 13:53 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

PEMALANG, KompasProperti - Setelah sempat ditutup pada pagi hari hingga pukul 10.00 WIB. Senin (26/6/2017), jalan tol darurat Brebes Timur-Pemalang-Batang, ruas Pemalang-Batang, Jawa Tengah, kembali dibuka.

"Tadi pagi sempat ditutup. Tapi sekarang sudah dibuka kembali. Situasional tergantung kepadatan lalu lintas di Brebes Timur Exit (Brexit). Ternyata H+1 dan H+2 masih ramai," terang Sekretaris Perusahaan PT Waskita Toll Road, Eka Sjarief, kepada Tim Merapah Trans-Jawa Kompas.com dan Otomania.com, Senin (26/6/2017). 

Eka melanjutkan, pemberlakuan buka-tutup akses ini karena kondisi lalu lintas di Brexit tidak dapat diakomodasi oleh jalur reguler non-tol Pantai Utara (pantura) Jawa.

Baca: Lebaran Kedua, Mobil Pelat B Padati Jalur Darurat

Hal ini kemudian memaksa PT Waskita Toll Road selaku pengembang dan pengelola jalan tol Brebes Timur-Pemalang-Batang, membuka akses Pemalang menuju Gringsing Exit.

"Sambil buka akses, kami juga melakukan perbaikan jalan, dan penambahan rambu lalu lintas," imbuh Eka.

Dia menjelaskan, awalnya mereka berencana menutup jalur darurat Brebes Timur-Pemalang-Batang mulai Minggu (25/6/2017) dan Senin (26/6/2017), bahkan hingga Selasa (27/6/2017).

Akses ini akan dibuka kembali pada Rabu (28/6/2017) untuk arus balik dengan memfungsikan pintu masuk Kali Gangsa, seraya melakukan perbaikan jalan, reposisi rambu, dan tolo-tolo (beton pembatas jalan).

"Namun karena arus mudik masih padat, rencana awal itu dibatalkan," cetus Eka.

Kompas Video Tol Brebes Timur-Pemalang, dan Pemalang-Batang merupakan dua ruas yang difungsikan secara darurat pada Senin (19/6/2017).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com