Kompas.com - 26/06/2017, 12:21 WIB
Masjid Eski Camii, Turki Masjid Eski Camii, Turki
|
EditorHilda B Alexander

KompasProperti – Berbicara mengenai sejarah peradaban Islam tak melulu identik dengan Timur Tengah saja. Jika bergeser sedikit ke perbatasan Asia-Eropa, niscaya kita akan terpana oleh pesona keagungan Islam sejak masa lampau.

Tersebutlah Turki, negara Eurasia dengan sejarah panjang peradaban Islam. Menilik perkembangannya, siapa pun akan tersadar bahwa tak ada negara yang bergerak maju jika tidak menghargai sejarah masa lalu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Salah satu peradaban yang dapat dipelajari dari Turki adalah masjid tertua Eski Cami. Tempat ibadah yang dikenal pula dengan nama Masjid Lama Edirne ini terletak di Edirne, kota kecil di sebelah barat Turki.

Sejak era Yunani kuno, Edirne menjadi salah satu kota paling diperebutkan karena letak geografisnya yang strategis. Kota ini menjadi jalur utama masyarakat Eropa menuju Istanbul, Bosphorus, dan juga Asia.

Sebagai dampak strategisnya kota itu, sejumlah pertempuran hebat pun pernah menjadi bagian sejarah Edirne. Pada tahun 1365-1453, Edirne pernah menjadi ibu kota Kekaisaran Ottoman sebelum jatuhnya Konstantinopel ke tangan Turki.

Todor Ivanov Eksterior Masjid Eski Cami, Turki. Arsitektural vernakular abad 13 mendominasi bangunan masjid.
Sejarah turut mencatat, Edirne pernah menjadi salah satu kota terbesar di Eropa sekitar masa 1700-an dengan penduduk mencapai 300.000 orang saat itu.

Kembali kepada Masjid Eski Cami, sebagaimana dikisahkan laman Archnet, pembangunan masjid itu dimulai pada 1402 Masehi atas perintah Emir Süleyman. Pembangunan masjid selesai pada masa kekuasaan saudaranya, Sultan Mehmed I, pada 1414 Masehi.

Sang arsitek, Haci Alaeddin serta Omer bin Ibrahim, turut memberi sentuhan Eropa pada interior, dan eksterior masjid.

Pada awalnya, Masjid Eski Cami dibangun dengan tujuan utama menampung jemaat shalat Jumat di lingkungan pasar yang ramai di Edirne.

Hingga kemudian, masjid ini kian ramai dikunjungi warga dan juga turis, baik untuk ibadah maupun wisata.

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.