Kompas.com - 23/06/2017, 10:35 WIB
Kendaraan pemudik terpantau ramai keluar di Gerbang Tol Salatiga, Salatiga, Jawa Tengah, Rabu (21/6/2017). Pemudik berasal dari Jalan Tol Bawen-Salatiga yang sudah difungsionalkan pada H-7. KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNGKendaraan pemudik terpantau ramai keluar di Gerbang Tol Salatiga, Salatiga, Jawa Tengah, Rabu (21/6/2017). Pemudik berasal dari Jalan Tol Bawen-Salatiga yang sudah difungsionalkan pada H-7.
|
EditorHilda B Alexander

SEMARANG, KompasProperti - Percepatan pembangunan infrastruktur konektivitas, terutama jalan tol, berdampak signifikan terhadap kenaikan harga tanah.

Proyek Jalan Tol Trans-Jawa yang menghubungkan Merak, di barat Jawa, hingga Pasuruan di timur Jawa, secara nyata membangkitkan harga tanah ke tingkat yang lebih tinggi.

Peningkatan harga ini, bahkan, terjadi jauh sebelum proyek jalan bebas hambatan tersebut direalisasikan alias masih dalam tahap perencanaan.

Di kawasan sepanjang Tol Semarang-Solo ruas Bawen-Salatiga, misalnya. Ruas tol ini dikerjakan oleh badan usaha jalan tol (BUJT) PT Trans Marga Jateng (TMJ).

Direktur Teknik dan Operasi TMJ Ali Zainal Abidin mengatakan, TMJ sempat mengalami kesulitas membebaskan lahan karena negosiasi berlangsung alot.

Warga yang lahannya terkena pembebasan, meminta harga tinggi, karena mereka mengikuti mekanisme pasar.

"Namun, karena ada appraisal, maka negosiasi berjalan win-win solution. Harga tanah di sekitar sini naiknya sangat tajam bisa sampai 300 persen," tutur Ali kepada Tim Merapah Trans-Jawa Kompas.com dan Otomania.com, pekan lalu.

Direktur Utama PT Solo Ngawi Jaya (NSJ) David Wijayanto mengungkapkan hal serupa. Harga tanah meroket hingga 300-400 persen.

"Di sekitar Klodran, sekarang sudah mencapai Rp 4 juta per meter persegi. Sebelumnya hanya Rp 1 juta per meter persegi," kata David.

RODERICK ADRIAN MOZES/Kompas.com Jembatan Klodran di Tol Solo-Kertosono
Hingga kini, masih ada 54 bidang tanah yang belum dibebaskan. Tanah ini yang mendukung pembangunan Tol Solo-Kertosono, ruas Solo-Ngawi. 

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.