Kompas.com - 22/06/2017, 18:00 WIB
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KompasProperti - Pengelola Tol Jakarta Outter Ring Road (JORR), PT Jalantol Lingkarluar Jakarta (JLJ) menyiapkan skenario untuk lalu lintas di Simpang Susun (SS) Cikunir.

Direktur Utama PT JLJ Ricky Distawardhana mengakui, SS Cikunir merupakan titik yang paling rawan macet menjelang puncak mudik Lebaran 2017.

Dalam kondisi normal, kendaraan dari arah Jatiwarna atau Jatiasih yang menuju Cikampek akan langsung berbelok ke kiri dan berputar melingkari ramp 3.

"Kalau kondisi padat atau ramp 3 mampet, kita teruskan kendaraan menuju off ramp berikutnya yaitu arah Pondok Kelapa dan keluar di situ," ujar Ricky saat jumpa pers di kantornya, Rabu (21/6/2017).

Kemudian, imbuh Ricky, di bagian off ramp arah Pondok Kelapa sendiri dibagi menjadi dua jalur.

Pertama, dikhususkan bagi kendaraan yang memang benar-benar mau keluar. Sedangkan jalur kedua, diperuntukkan bagi pengendara dari arah Jatiasih menuju Cikampek.

Jalur kedua ini berada di sebelah kanan dan diberi batas berupa railing yang melingkar dan mengarahkan pengemudi untuk menuju Gerbang Tol Kalimalang 2.

"Kalau memang dia (pengendara) dari dalam tol, tidak perlu menuju gerbang tolnya, tidak perlu transaksi lagi," kata Ricky.

Ia melanjutkan, pengendara akan diarahkan masuk ke jalur utama di sisi Sodetan atau Kali Cakung.

Meski demikian, tutur Ricky, skenario tersebut masih bersifat situasional. Jika ramp 3 tidak tersendat, pengendara bisa melewati jalan seperti biasa.

Kompas Video Kompas.com - Tim Merapah Trans Jawa Kompas.com dan Otomania.com kembali memantau perkembangan pembangunan Tol Brebes Menuju Pemalang. Tim akan menelusuri ruas Tol baru dari Brebes hingga Surabaya.
Kompas Video Ruas Tol Bawen-Salatiga yang termasuk bagian dari Jalan tol Semarang-Solo akan digunakan saat mudik Lebaran 2017.
Kompas Video Para pengguna jalur Tol Ruas Solo-Sragen wajib waspada dikarenakan terdapat 54 Persimpangan dengan jalur warga.
Kompas Video Begini kondisi ruas Tol Jombang-Mojokerto.
Kompas Video Saat melintasi ruas Tol Bangil-Rembang pengendara disuguhi pemandangan indah Gunung Arjuno.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.