Kompas.com - 22/06/2017, 17:15 WIB
Ciputra Grup meresmikan Masjid Raya CitraGarden BMW, Rabu (21/6/2017). Dok Ciputra GroupCiputra Grup meresmikan Masjid Raya CitraGarden BMW, Rabu (21/6/2017).
EditorLatief

Serang, KompasProperti - Ciputra Grup meresmikan Masjid Raya CitraGarden BMW dan memulai pembangunan Cendekia Islamic School (CIS) milik Yayasan Pandu Pertiwi. Kedua proyek tersebut merupakan pembangunan fasilitas umum dan fasilitas sosial untuk penghuni perumahan yang wajib dilakukan.

"Kami sadar bahwa keberadaan fasum dan fasos itu bukan cuma memudahkan kebutuhan aktivitas penghuni, tapi dengan sendirinya juga berdampak positif terhadap pergerakan nilai investasi sebuah perumahan. Kebanyakan pembeli kan pasti bertanya soal fasum dan fasos," ujar Associate Director Grup Ciputra Yusanto Harijatno di sela buka bersama dan peresmian Masjid Raya CitraGarden BMW serta peletakkan batu pertama Cendekia Islamic School, Rabu, (21/6/2017).

Pembangunan masjid tersebut menelan biaya sekitar Rp3,5 miliar. Rumah ibadah tersebut dibangun di lahan seluas 3.500 m2 dengan luas bangunan 708 m2. Masjid itu akan mampu menampung sekitar 800 jamaah.

"Secara bertahap kami juga akan melengkapi fasum/fasos lain sesuai yang kami janjikan," kata Yusanto.

Rencananya, setelah masjid dan sarana pendidikan, jelas Yusanto, sekitar Agustus mendatang pihaknya akan mulai membangun fasilitas olahraga.

Saat ini di perumahan seluas 68,17 hektare itu total unit hunian yang terbangun mencapai 1.004 unit. Terdiri dari residensial dan komersial, Yusanto mengatakan sudah 742 unit diserahterimakan dengan penghuni berjumlah 700 kepala keluarga.

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengatakan kontribusi swasta terhadap pembangunan di Serang sangat diharapkan dan pengembang properti punya kemampuan untuk itu. Dia mengingatkan agar para pengembang di kabupaten itu segera membangun fasum dan fasos.

"Itu kewajiban mereka, minimal sesuai apa yang telah dijanjikan kepada konsumennya. Ke depan, sinergi antara pemerintah daerah dan swasta harus diperkuat," ujar Chasanah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.