Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selama Mudik dan Balik Lebaran, LMS Tambah "Rest Area" Tol Cipali

Kompas.com - 20/06/2017, 15:25 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - Saat mudik Lebaran 2017, pengelola Tol Cikopo-Palimanan atau Cipali, PT Lintas Marga Sedaya (LMS) menambah tempat istirahat yang bersifat sementara (TIS).

Tempat istirahat ini merupakan salah fasilitas bagi pengemudi dan menjadi hal yang vital, mengingat Cipali adalah tol terpanjang di Indonesia, yakni 116,75 kilometer.

"Dari sisi fasilitas kami tambah tempat istirahat sementara, untuk mencegah membludaknya pemudik di TI yang sudah ada," ujar Wakil Presiden Direktur LMS Firdaus Azis saat jumpa pers, di Jakarta, Senin (19/6/2017).

TIS ini dapat berupa parking bay yang dilengkapi dengan fasilitas musala dan toilet. Sedangkan di TI yang sudah ada, kata Firdaus, LMS juga menambah sejumlah toilet sementara, kios makanan, dan penambahan tempat parkir kendaraan, untuk mengakomodasi kebutuhan pemudik.

Tidak hanya itu, penambahan fasilitas juga meliputi penyediaan bahan bakar minyak (BBM) dalam kemasan berukuran 5-10 liter dari Pertamina untuk menghindari adanya kendaraan yang mogok lantaran kehabisan BBM.

"Di Cipali juga ada pengadaan posko kesehatan dan bengkel siaga. Penambahan fasilitas ini dilakukan untuk memberi kenyamanan pengguna tol Cipali," tutur Firdaus.

Saat ini, di Cipali terdapat 8 TI yakni KM 86A, KM 102, KM 130A, KM 166, KM 86B, KM 101, KM 130B, dan KM 164.

Sedangkan untuk Parking Bay baru, ada di beberapa lokasi yaitu bekas Gerbang Tol Cikopo KM 78A arah Cirebon dan KM 78B arah Jakarta, serta KM 153+400 A arah Cirebon dan KM 155+200B arah Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com