Kompas.com - 17/06/2017, 15:32 WIB
Penulis Dani Prabowo
|
EditorHilda B Alexander

TEMANGGUNG, KompasProperti - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan sejumlah proyek infrastruktur di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, Sabtu (17/6/2017). Ada tiga proyek yang diresmikan Presiden.

Pertama, proyek Jembatan Gantung Galeh sepanjang 90 meter yang menghubungkan Desa Gandurejo di Kecamatan Bulu ke Desa Kauman di Kecamatan Parakan. Kedua wilayah itu dipisahkan Sungai Galeh.

Selanjutnya Jembatan Gantung Suropadan yang menghubungkan Desa Suropadan di Kecamatan Pringsurat, Temanggung ke Desa Kalikuto di Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang. Jembatan sepanjang 90 meter ini menghubungkan kedua wilayah yang dipisahkan Sungai Elo.

Kedua jembatan tersebut merupakan bagian dari proyek pembangunan Jembatan Kali Galeh CS yang terdiri atas empat jembatan senilai Rp 10,306 miliar.

Jembatan ini digarap Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Satker Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah II Provinsi Jawa Tengah.

Dua jembatan lainnya yakni Jembatan Gantung Mangunsuko dan Jembatan Gantung Krinjing yang menghubungkan empat desa di Kecamatan Dukun, Magelang.

Jembatan Mangunsuko sepanjang 120 meter itu menghubungkan Dusun Grogol di Desa Mangunsuko dan Dusun Tutup di Desa Sumber yang dipisahkan Sungai Senowo.

Sementara, Jembatan Krinjing sepanjang 90 meter menghubungkan Dusun Jombong di Desa Paten dan Dusun Gandelan di Desa Krinjing yang dipisahkan Sungai Kepil.

Presiden menyatakan, keberadaan jembatan gantung merupakan hal penting yang manfaatnya sangat dirasakan masyarakat, baik untuk transportasi orang maupun transportasi barang dan komoditas.

Diharapkan keberadaan jembatan tersebut dapat menghemat waktu tempuh masyarakat.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.