Jalan Tol Jakarta Menuju Pelabuhan Merak Nyaman dan Aman

Kompas.com - 16/06/2017, 16:30 WIB
Kendaraan terjebak kemacetan sepanjang lebih dari 3 kilometer di jalan raya Tol Merak yang menjadi akses utama menuju Pelabuhan Merak, Banten, Sabtu (3/8/2013). KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKOKendaraan terjebak kemacetan sepanjang lebih dari 3 kilometer di jalan raya Tol Merak yang menjadi akses utama menuju Pelabuhan Merak, Banten, Sabtu (3/8/2013).
|
EditorLatief

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelabuhan Merak di Banten kerap menjadi salah satu lokasi keramaian ketika menjelang lebaran. Hal itu terjadi akibat banyaknya pemudik yang menggunakan kapal feri untuk menyeberang ke Pulau Sumatera.

Pelabuhan Merak bisa ditempuh dari Jakarta melalui Jalan Tol Jakarta-Tangerang-Merak dalam waktu satu jam 46 menit dalam kondisi normal atau dalam artian tidak macet dan padat kendaraan. Jalan Tol Dalam Kota Cawang-Grogol menjadi titik awal masuk Tim Mudik Gesit menuju Pelabuhan Merak yang ada di Kota Cilegon.

Berdasarkan pantauan Tim Mudik Gesit, kondisi Jalan Tol Jakarta-Tangerang-Merak relatif mantap dan nyaman untuk dilewati. Hal itu terbukti dari kecepatan rata-rata kendaraan yang dibawa Tim Mudik Gesit ada pada angka 80 kilometer per jam. Jalan Tol Jakarta-Tangerang-Merak juga minim lubang.

Namun, ketika memasuki pintu Tol Cikupa atau pada KM 30 terdapat sedikit perbaikan jalan di bagian bahu jalan sehingga menimbulkan kemacetan selama hampir 20 menit lamanya.

Kondisi relatif sama juga Tim Mudik Gesit temui ketika keluar dari jalan tol untuk menuju Jalan Pelabuhan. Jalan yang termasuk jalan nasional tersebut kondisinya masih nyaman dilalui karena telah diaspal, walapun ada beberapa titik lubang-lubang yang patut diwaspadai.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X