Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan Tol Jakarta Menuju Pelabuhan Merak Nyaman dan Aman

Kompas.com - 16/06/2017, 16:30 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelabuhan Merak di Banten kerap menjadi salah satu lokasi keramaian ketika menjelang lebaran. Hal itu terjadi akibat banyaknya pemudik yang menggunakan kapal feri untuk menyeberang ke Pulau Sumatera.

Pelabuhan Merak bisa ditempuh dari Jakarta melalui Jalan Tol Jakarta-Tangerang-Merak dalam waktu satu jam 46 menit dalam kondisi normal atau dalam artian tidak macet dan padat kendaraan. Jalan Tol Dalam Kota Cawang-Grogol menjadi titik awal masuk Tim Mudik Gesit menuju Pelabuhan Merak yang ada di Kota Cilegon.

Berdasarkan pantauan Tim Mudik Gesit, kondisi Jalan Tol Jakarta-Tangerang-Merak relatif mantap dan nyaman untuk dilewati. Hal itu terbukti dari kecepatan rata-rata kendaraan yang dibawa Tim Mudik Gesit ada pada angka 80 kilometer per jam. Jalan Tol Jakarta-Tangerang-Merak juga minim lubang.

Namun, ketika memasuki pintu Tol Cikupa atau pada KM 30 terdapat sedikit perbaikan jalan di bagian bahu jalan sehingga menimbulkan kemacetan selama hampir 20 menit lamanya.

Kondisi relatif sama juga Tim Mudik Gesit temui ketika keluar dari jalan tol untuk menuju Jalan Pelabuhan. Jalan yang termasuk jalan nasional tersebut kondisinya masih nyaman dilalui karena telah diaspal, walapun ada beberapa titik lubang-lubang yang patut diwaspadai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com