Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bawa Kartu BPJS Kesehatan, Pemudik Gratis Berobat di 14 Rumah Sakit

Kompas.com - 16/06/2017, 06:30 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis

UNGARAN, KompasProperti - Para peserta BPJS Kesehatan yang sedang mudik diberi kemudahan untuk mengakses layanan kesehatan di sejumlah rumah sakit dengan prosedur yang lebih sederhana.

Cukup dengan membawa Kartu BPJS Kesehatan, para pemudik langsung dapat berobat di IGD rumah sakit terdekat yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

"Oleh karena itu kami imbau para peserta JKN-KIS yang sedang mudik diimbau untuk selalu membawa kartu JKN-KIS," kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Ungaran, Juliansyah, dalam jumpa pers bertema "Mudik Nyaman Bersama BPJS Kesehatan" di Ungaran, Kamis (15/6/2017) siang.

Menurut Juliansyah, ada 14 rumah sakit di wilayah kerja BPJS Ungaran meliputi Kabupaten Kendal, Kabupaten Semarang, dan Kota Salatiga yang siap untuk memberikan pelayanan menjelang, selama dan pasca Lebaran.

Peserta BPJS Kesehatan yang sedang mudik dan lewat di tiga kabupaten ini bisa berobat ke IGD rumah sakit tanpa harus melaporkan ke Kantor BPJS Kesehatan setempat.

"Ini efektif berlaku sejak tanggal 19 Juni 2017 sampai dengan 2 Juli 2017 mendatang," jelasnya.

Juliansyah menambahkan, pelayanan kesehatan tersebut hanya berlaku bagi peserta BPJS Kesehatan yang sedang mudik dengan status kepesertaan aktif.

Aplikasi Mudik BPJS

Guna mendukung layanan khusus mudik ini, BPJS Kesehatan juga telah menciptakan Aplikasi Mudik BPJS Kesehatan yang dapat diunduh secara gratis di Google Play Store untuk perangkat android.

Melalui aplikasi ini peserta akan mendapatkan telepon penting, alamat kantor BPJS Kesehatan, fasilitas kesehatan mitra, tanya jawab kesehatan, info BPJS Kesehatan, tips kesehatan serta lokasi-lokasi penting.

"Daftar fasilitas kesehatan selain dari aplikasi juga bisa didapatkan melalui Care Center 1500400," imbuh Juliansyah.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Semarang Ani Rahardjo mengungkapkan, sebanyak 5 Rumah Sakit dan 12 Puskesmas Rawat Inap di Kabupaten Semarang siap melayani para pemudik pemegang kartu BPJS Kesehatan selama arus mudik-balik Lebaran 2017.

"Kami siagakan 5 rumah sakit, dua milik pemerintah yakni RSUD Ungaran dan RSUD Ambarawa. Sedangkan tiga rumah sakit swasta antara lain RS Ken Saras, RS Bina Kasih dan RS Kusuma," kata Ani.

Selain itu, untuk keadaan darurat pihaknya telah menyiagakan 38 ambulans yang dapat diakses selama 24 jam.

"Nomor kedaruratan yang bisa dihubungi 085290242420," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com