Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

13 Kilometer Jalur Tol Trans-Sumatera di Lampung Belum Dioperasikan

Kompas.com - 16/06/2017, 00:04 WIB
Kontributor Lampung, Eni Muslihah

Penulis

BANDARLAMPUNG, KompasProperti - Kapolda Lampung Irjen Sudjarno menegaskan Jalan Tol Trans-Sumatera sepanjang 13 kilometer yang berada di wilayah Provinsi Lampung belum bisa difungsikan.

"Belum ada koordinasi terkait penggunaan tol paket 2 di Lematang Bandarlampung tapi kalau yang paket 1 Bakauheni Lampung Selatan bisa difungsikan sepanjang 1,5 kilometer," kata Sudjarno, Kamis (15/6/2017.

Jalur darurat itu pun baru bisa difungsikan pada H-3 menjelang Lebaran dan melihat kondisi kepadatan lalu lintas.

"Kalau dengan jalur nasional normal-normal saja, pintu tol Bakauheni tidak digunakan kecuali pada arus balik nanti," kata dia lagi.

Pada jalur tersebut, Polda Lampung mengoperasikan penerang jalan bantuan dua unit yang mampu menerangi sampai 1 kilometer.

Sementara itu Wakil Gubernur Lampung Bactiar Basri mengatakan penggunaan jalur Lematang-Kampus Itera Bandarlampung dinilai kurang efektif.

Pasalnya, pengguna jalan harus masuk dulu ke Simpang Pugung Raharjo dan keluar di Kampus Itera jalur Korpri. Justri dengan melintasi jalur tersebut pemudik menepuh jarak 2 kali lipat panjangnya.

"Lagi pula kalau mau lewat tol Lematang itu apa kepentingannya, malah lebih jauh," ujarnya.

Sebelumnya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyampaikan tol paket 2 Lematang Itera sepanjang 13 kilometer siap difungsikan untuk mengatasi kepadatan arus mudik Lebaran 2017.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com