Kompas.com - 12/06/2017, 22:51 WIB
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, Kompas.com - PT jasa Marga (Persero) Tbk siap mengantisipasi mudik Lebaran 2017 dengan sejumlah upaya perbaikan dan peningkatan.

Salah di antara upaya tersebut, yang terbaru dan berbeda dibanding tahun lalu adalah dilakukannya pengendalian beban ruas lalu lintas dengan penempatan alat ukur kepadatan atau remote traffic microwave sensor (RTMS).

"Ini betul-betul baru dan akan mulai kita gunakan pada H-7 Lebaran di beberapa segmen," ujar Direktur Operasi II PT Jasa Marga (Persero) Tbk Subakti Syukur menjawab KompasProperti, Senin (12/6/2017).

Subakti menuturkan, RTMS ini merupakan investasi baru yang kelak akan digunakan di seluruh jalan tol yang dikembangkan perseroan.

Untuk hajatan mudik Lebaran 2017, RTMS ditempatkan di segmen Cawang-Cikunir, Cikunir-Cikarang Utama, Cikarang Utama-Cikarang Timur, dan Cikarang Timur-SS Dawuan.

"Untuk tol fungsional, kami belum menempatkan RTMS. Pasalnya, beban ruas lalu lintas tidak sepadat di segmen Tol Jadebotabek. Di tol fungsional, kami prediksikan bebannya sudah jauh berkurang," tutur Subakti.

RTMS sejatinya merupakan sistem peringatan dini atau early warning system sebelum terjadi beban atau kepadatan lalu lintas luar biasa di lokasi tertentu.

"Nah, sebelum kepadatan luar biasa terjadi, RTMS ini akan memperingatkan secara presisi. Kita bisa melihatnya secara real time lokasi-lokasi mana saja yang sudah padat. Dengan demikian, rekayasa lalu lintas bisa dilakukan," jelas Subakti.

Selain akan digunakan di segmen-segmen ruas tol kelolaan Jasa Marga, RTMS juga diminati oleh badan usaha jalan tol (BUJT) lainnya.

KOMPAS.com / DANI PRABOWO Ruas Tol Batang-Semarang di exit toll Gringsing, Senin (24/5/2017).
VP Divisi managemen Operasi Raddy R Lukman menyebutkan PT Lintas Marga Sedaya, BUJT tol Cikopo-Palimanan (Cipali) tertarik memasang RTMS ini.

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.