Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ironi Layanan Transjakarta vs Tagar #KINILEBIHBAIK?

Kompas.com - 12/06/2017, 16:43 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - Para petugas melakukan aksi mogok mengoperasikan bus Transjakarta hari ini, Senin (12/6/2017). Sebagai bentuk aksi, bus-bus Transjakarta pun diparkir di Halte Harmoni.

Akibat dari aksi tersebut, para penumpang telantar bahkan ada yang sampai diturunkan di tengah jalan.

Baca: Petugas Transjakarta Demo, Penumpang Disuruh Turun di Tengah Jalan

Kompas.com menurunkan parade foto yang menunjukkan kondisi di sekitar dan di Halte Harmoni. Terdapat tulisan #KINILEBIHBAIK untuk menggambarkan kualitas layanan Transjakarta.

Namun, terhadap tagline ini beberapa pengguna malah menunjukkan kekesalannya. Dwi Ari Hermawan, penumpang Transjakarta rute Pusat Grosir Cililitan (PGC)-Grogol menganggap, tagline #KINILEBIHBAIK hanya slogan.

"Nyatanya, beberapa bulan ini lebih buruk. Jalur bus yang seharusnya steril, justru dihilangkan pembatasnya. Harusnya waktu tempuh hanya 30 menit hingga 45 menit, kini bisa lebih dari 1,5 jam," kata Dwi.

Senada dengan Dwi, Herman Latuconsina menyatakan kekesalannya karena menggunakan Transjakarta saat ini tidak ada bedanya dengan menggunakan angkutan umum lainnya.

"Sama dengan angkot. Jalannya pelan-pelan, kalah dengan kendaraan pribadi yang menyerobot jalurnya. Seharusnya petugas Transjakarta ada yang menjaga busway agar tetap steril. Kalau begini terus, nggak banyak lagi yang tertarik naik Transjakarta," tutur Herman.

Berikut parade foto terkait mogoknya petugas Transjakarta yang diabadikan Fagra Hanif, anggota Forum Diskusi Transportasi Jakarta (FDTJ):

Fagra Hanif Bus Transjakarta
Fagra Hanif Para petugas Transjakarta melakukan aksi mogok kerja dan memarkir bus-bus di sepanjang Jalan KH Hasyim Ashari, sebelum Halte Harmoni, Jakarta Barat, Senin (12/6/2017) siang.
Fagra Hanif Puluhan bus transjakarta berhenti dan diparkir di sepanjang Jalan KH Hasyim Ashari, sebelum Halte Harmoni, Jakarta Barat, Senin (12/6/2017) siang.
Fagra Hanif Seorang wanita tengah berdiri menghadap ke jalan di jembatan Halte Transjakarta Harmoni, Senin (12/6/2017) siang.
Fagra Hanif Para penumpang terlantar akibat petugas melakukan aksi mogok mengoperasikan bus Transjakarta, Senin (12/6/2017) siang.
Fagra Hanif Penumpang Transjakarta tengah duduk sambil memegang papan iklan aplikasi Trafi, di Halte Harmoni, Senin (12/6/2017) siang.
Fagra Hanif Bus-bus transjakarta berhenti dan diparkir di sepanjang Jalan KH Hasyim Ashari, sebelum Halte Harmoni, Jakarta Barat, Senin (12/6/2017) siang.
Fagra Hanif Seorang polisi tengah berdiri di depan bus Transjakarta, Senin (12/6/2017) siang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com