Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenderal Tito Pastikan Tol Brebes Timur-Grinsing Beroperasi 24 Jam

Kompas.com - 07/06/2017, 20:00 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KompasProperti -  Jalan Tol dari Brebes Timur hingga Grinsing (Batang) yang digunakan secara fungsional bakal beroperasi 24 jam penuh saat mudik dan balik Lebaran nanti.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian memastikan hal tersebut kepada para wartawan di Semarang, Rabu (7/6/2017).

"Iya 24 jam full," kata Tito.

Untuk menyiapkan itu, Polri bersama pihak terkait bakal memasang lampu penerangan sementara selama arus mudik. Selain itu, Polri juga berencana menyebar personel di sepanjang jalur tol tersebut.

"Sepanjang 110 kilometer ini belum ada penerangan. Kami beri penerangan sementara, dan di situlah kami sebar personel sampai Grinsing, nanti disiapkan pos bersama. Jadi posnya ada di Grinsing dan Kaligangsa," tambah jenderal bintang empat ini.

Secara umum, Polri akan melakukan rekayasa bagi para pemudik yang hendak pulang kampung. Rekayasa dilakukan di seluruh wilayah, tidak terkecuali jalur menuju ke Jawa Tengah.

KOMPAS.com/NAZAR NURDIN Kapolri Tito Karnavian saat hendak naik helicopter untuk mengecek kesiapan arus mudik 2017, Rabu (7/6/2017)
"Kami imbau pemudik yang ke arah Jawa Tengah, atau ke barat Sumatera, kami sudah siapkan langkahnya. Lalu ke Jawa Timur semua sudah disiapkan langkahnya," sebutnya.

Sebelumnya, Tito memastikan tol sepanjang 110 kilometer dari Brebes Timur sampai Grinsing, Kabupaten Batang akan digunakan secara fungsional pada mudik Lebaran tahun 2017.

Lantaran digunakan secara fungsional, jalan tol tidak dipungut biaya alias gratis.

"Tol sepanjang 110 kilometer ini belum bayar, karena temporer jadi hanya (boleh) kendaraan kecil saja," kata dia.

Pemudik pada Lebaran tahun ini juga diperkirakan akan bertambah. Menurut Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhuhungan Puji Hartanto, pengendara yang menggunakan sepeda motor naik hingga 10 persen.

Sementara kendaraan roda empat naik sekitar lima persen. "Peningkatan arus mudik di Jateng ada peningkatan 6 sampai 10 persen untuk roda dua, lalu untuk roda 4 sekitar 5 persen," ujar Puji. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com