Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/06/2017, 10:14 WIB
Dani Prabowo

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - Sejumlah ruas Jalan Tol Trans-Sumatera akan difungsikan atau dibuka sementara selama masa mudik Lebaran 2017. Panjang ruas tol yang dibuka mencapai 65 kilometer.

Menurut Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Herry Trisaputra Zuna, masyarakat akan dibebaskan membayar tarif jalan tol yang nantinya akan difungsikan.

"Untuk sementara fungsional, operasional setelah lebaran. Jadi gratis," kata Herry di Galeri Nasional Jakarta, Jumat (2/6/2017).

Adapun ruas yang difungsikan yaitu Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar, khususnya pada Segmen Kotabaru-Lematang yang terdapat pada Paket 2 Sidomulyo-Kotabaru.

Panjang jalan yang difungsikan yaitu 5 kilometer dengan kondisi jalan rigid pavement. Ruas berikutnya yaitu Palembang-Indralaya, tepatnya pada Seksi 1 Palembang-Pamulatan.

Sejauh ini progres konstruksi telah mencapai 87,97 persen. Namun, jalan sepanjang 7,75 kilometer ini dapat difungsikan dengan kondisi jalan flexible pavement.

Untuk Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi yang akan difungsikan yaitu Seksi 2-6 Bandara Kualanamu-Kota Sei Rampah. Kondisi jalan sepanjang 41,6 kilometer itu telah dilapisi rigid pavement.

Terakhir, ruas Tol Medan-Binjai tepatnya di Seksi 2 Helvetia-Semayang sepanjang 6,18 kilometer dan Seksi 3 Semayang-Binjai sepanjang 4,28 kilometer.

Ruas jalan yang direncanakan akan dioperasikan pada Desember 2017 itu telah dilapisi flexibel pavement.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com