Kompas.com - 06/06/2017, 10:14 WIB
Seksi 1 Sidomulyo-Bakauheni yang merupakan bagian dari Ruas Tol Bakauheni-Terbanggi Besar di Lampung akan fungsional ketika lebaran nanti. Ridwan Aji Pitoko/KOMPAS.comSeksi 1 Sidomulyo-Bakauheni yang merupakan bagian dari Ruas Tol Bakauheni-Terbanggi Besar di Lampung akan fungsional ketika lebaran nanti.
Penulis Dani Prabowo
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KompasProperti - Sejumlah ruas Jalan Tol Trans-Sumatera akan difungsikan atau dibuka sementara selama masa mudik Lebaran 2017. Panjang ruas tol yang dibuka mencapai 65 kilometer.

Menurut Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Herry Trisaputra Zuna, masyarakat akan dibebaskan membayar tarif jalan tol yang nantinya akan difungsikan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Untuk sementara fungsional, operasional setelah lebaran. Jadi gratis," kata Herry di Galeri Nasional Jakarta, Jumat (2/6/2017).

Adapun ruas yang difungsikan yaitu Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar, khususnya pada Segmen Kotabaru-Lematang yang terdapat pada Paket 2 Sidomulyo-Kotabaru.

Panjang jalan yang difungsikan yaitu 5 kilometer dengan kondisi jalan rigid pavement. Ruas berikutnya yaitu Palembang-Indralaya, tepatnya pada Seksi 1 Palembang-Pamulatan.

Sejauh ini progres konstruksi telah mencapai 87,97 persen. Namun, jalan sepanjang 7,75 kilometer ini dapat difungsikan dengan kondisi jalan flexible pavement.

Untuk Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi yang akan difungsikan yaitu Seksi 2-6 Bandara Kualanamu-Kota Sei Rampah. Kondisi jalan sepanjang 41,6 kilometer itu telah dilapisi rigid pavement.

Terakhir, ruas Tol Medan-Binjai tepatnya di Seksi 2 Helvetia-Semayang sepanjang 6,18 kilometer dan Seksi 3 Semayang-Binjai sepanjang 4,28 kilometer.

Ruas jalan yang direncanakan akan dioperasikan pada Desember 2017 itu telah dilapisi flexibel pavement.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.