Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alih-alih Merah Muda, Warna Favorit Generasi Milenial Justru Hitam

Kompas.com - 05/06/2017, 08:49 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

KompasProperti - Merah mudah merupakan warna yang entah bagaimana menjadi simbol dari keseluruhan generasi.

Cerah dan menawan, tak heran jika kita tertarik ke toko pakaian dan interior dengan dominasi warna yang menonjolkan keteduhan ini.

Meskipun secara harfiah ada di mana-mana, ternyata generasi milenial memiliki warna favorit yang tak terduga dan ini hampir berlawanan dengan warna merah muda pucat.

Dalam perayaan Pekan Lukisan Nasional, Sherwin-Williams berkolaborasi dengan Harris Poll untuk mengetahui preferensi warna favorit warga Amerika Serikat.

Setelah mengamati 2.200 orang berusia di atas 18 tahun, hasilnya menunjukkan, 41 persen milenial memilih warna hitam sebagai warna favorit mereka.

Secara keseluruhan, hitam dan biru adalah favorit untuk segala umur.

Psikolog desain Sally Augustin of Design With Science sama sekali tidak terkejut dengan pilihan warna generasi tersebut.

"Ada banyak hal yang membuat stres di dunia, jadi bukan kejutan bahwa milenium tertarik pada warna yang lebih gelap," kata dia.

Meskipun begitu, ia menambahkan, hitam masih memiliki banyak asosiasi positif, seperti kecanggihan, keanggunan dan formalitas.

Memasukkan warna hitam ke dalam dekorasi tidak harus terasa berat, tapi, menurut Augustin, semuanya tergantung di mana Anda menggunakannya.

"Lebih baik memiliki warna paling gelap di ruangan pada bagian kaki Anda, seperti lantai dan warna paling ringan untuk penerapan di atas kepala, seperti langit-langit, " tutur Augustin.

Hal tersebut, tambah dia, sudah terbukti membuat orang merasa lebih nyaman dan rileks.

Jika Anda salah satu dari ribuan milenial yang suka mendekorasi dengan warna hitam, pertimbangkan untuk melukis lantai beton atau kayu keras dengan dominasi hitam untuk menciptakan estetika minimalis, namun tetap ramah.

Augustin menjelaskan, apapun warna favorit Anda, menggunakannya di rumah sendiri akan menciptakan ruang yang benar-benar sesuai karakter.

Hal itu bagus untuk kesehatan mental Anda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com