Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiap "Rest Area" Bakal Dilengkapi Ambulans, Dokter dan Perawat

Kompas.com - 04/06/2017, 16:30 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KompasProperti - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah menyiapkan sejumlah tenaga kesehatan untuk diterjunkan di tempat-tempat peristirahatan atau rest area saat mudik dan balik Lebaran tahun 2017 ini.

Penyediaan tim kesehatan ini merupakan bagian dari pelayanan kesehatan kepada pemudik, serta mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Sri Puryono mengatakan telah memerintahkan dinas terkait untuk menyediakan pelayanan itu.

Nantinya, di setiap rest area bakal ada satu unit ambulans, dokter, hingga perawat. Di setiap rest area juga akan dilengkapi dengan mobil derek hingga stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) berkapasitas kecil atau mini.

"Prasarana kesehatan di setiap pos-pos rest area mencakup satu ambulans berikut dokter dan perawatnya," kata Sri, dalam siaran tertulis yang diterima KompasProperti, Minggu (4/6/2017).

Sri mengatakan, petugas kesehatan bertugas penuh waktu di rest area, serta tidak diperbolehkan mengambil hari libur. Para tenaga kesehatan diminta sepenuhnya melayani para pemudik.

"Jadi teman-teman ini tidak pada cuti. Pokoknya melayani rakyat itu yang harus diutamakan,” tambahnya

Direktur Utama PT Jasa Marga Semarang-Batang Saut Situmorang mengatakan, rest area di ruas Tol Semarang-Batang akan disiapkan di dua titik yaitu Desa Gedawung atau STA 391+400 dan Desa Wangunrejo di STA 402+700.

Rest area  ini juga bakal dilengkapi dengan fasilitas istirahat, tempat ibadah, toilet hingga fasilitas pendukung lainnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com