Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Mau Terjebak Macet Saat Mudik? Jangan Lewat Pantura Kendal

Kompas.com - 03/06/2017, 20:00 WIB
Slamet Priyatin

Penulis

KENDAL, KompasProperti - Tiga pasar tumpah yang ada di jalan Pantai Utara (Pantura) Kendal Jawa Tengah, menjadi penyebab kemacetan.

Tiga pasar itu adalah pasar Weleri, Cepiring, dan Kaliwungu. Supaya tidak terjebak macet di tiga titik tersebut, pemudik diminta lewat Jalan Lingkar Weleri dan Kaliwungu.

“Tapi kalau menghindari pasar tumpah Cepiring, pemudik tidak bisa. Karena belum ada jalan lingkar,“ kata kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kendal, M Toha, kepada KompasProperti, Sabtu (3/6/2017).

Toha menjelaskan, sebenarnya ada jalan ‘tikus ‘ yang bisa dilewati apabila Pantura Kendal macet. Namun, bagi pemudik yang tidak tahu jalan, bisa tersesat.

“Kalau naiknya kendaraan roda dua, tidak masalah. Tapi kalau mobil, sedikit repot,” ujarnya.

Toha, mengaku untuk menghindari kepadatan di Cepiring, Dishub Kendal akan berkoordinasi dengan Dinas Perdagangan, supaya melarang pedagang berjualan di pinggir jalan. Di samping itu, mereka juga akan menertibkan parkir kendaraan yang ada di sekitar pasar.

“Penertiban mulai kami lakukan,” tegasnya.

Sementara itu Kasatlantas Polres Kendal, AKP Edy S, mengatakan untuk menghindari kemacetan pada H-7 hingga H+7 Lebaran, akan memasang barikade. Penyeberang hanya diperbolehkan lewat satu pintu, dan dijaga oleh petugas.

“Nanti juga akan ada pos lebaran di situ,” tambahnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com