Waspada Melewati Dua Perlintasan KA di Pantura Kendal

Kompas.com - 02/06/2017, 12:00 WIB
Satlantas Polres Kendal dan Dinas Perhubungan Kendal, saat mengecek rel KA di Kaliwungu. Kompasproperti/Slamet Priyatin Satlantas Polres Kendal dan Dinas Perhubungan Kendal, saat mengecek rel KA di Kaliwungu.
|
EditorHilda B Alexander

KENDAL, KompasProperti - Pemudik yang melewat dua lintasan kereta api (KA) di Jalur Pantura Kendal, Jawa Tengah, harus berhati-hati.

Dua lintasan kereta api yang ada di Weleri dan Kaliwungu itu, membahayakan pengguna jalan. Apalagi sewaktu atau sesudah turun hujan.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kendal Jawa Tengah, M Toha, mengatakan telah melakukan koordinasi dengan beberapa pihak, di antaranya dengan PT KAI (persero) dan Polres Kendal. Hal ini dilakukan untuk mengurangi angka kecelakaan.

“PT KAI sudah memperbaiki jalan yang ada di sekitar rel. Hasilnya, jalan tersebut sudah baik dan rata dengan rel,” kata Toha.

Toha menambahkan, Dinas Perhubungan akan memasang tulisan peringatan, supaya pengguna jalan atau pemudik yang melintas lebih berhati -hati.

“Sebaiknya pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua, jangan lewat kota Weleri dan Kaliwungu. Lebih aman kalau lewat jalan lingkar Weleri dan Kaliwungu,” himbaunya.

Terkait dengan hal itu, Kasatlantas Polres Kendal, AKP Edy Sutrisno, mengatakan kondisi jalan dengan rel kereta api sudah rata. Hanya relnya yang masih melintang. Namun begitu, Ia meminta pengguna kendaraan roda dua, agar hati-hati.

“Saya hanya minta kepada pengguna jalan, agar jangan menerobos palang pintu, bila ada kereta lewat. Sebab itu sangat membahayakan,” kata Edy.

Edy mengaku, telah menilang kendaraan yang menerobos palang pintu kereta api. Jumlahnya ada puluhan.

“Alasan mereka menerobos, karena tergesa-gesa,” ujarnya.

Edy menyarankan pemudik dengan tujuan Semarang dan sekitarnya, agar lewat jalan lingkar Weleri dan Kaliwungu. 

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X