Kompas.com - 29/05/2017, 11:42 WIB
Jalan Alternatif Kaliwungu-Boja, Kabupaten Kendal. Kompas.com/Slamet PriyatinJalan Alternatif Kaliwungu-Boja, Kabupaten Kendal.
|
EditorHilda B Alexander

KENDAL, KompasProperti - Anda punya rencana mudik ke Kabupaten Semarang dan sekitarnya? Cobalah lewat jalan alternatif Kaliwungu-Boja Kabupaten Kendal Jawa Tengah.

Pasalnya, di sepanjang jalan yang menghubungkan Kendal dan Kabupaten Semarang dan sekitarnya tersebut, terdapat pemandangan indah dan berhawa sejuk.

Kiri dan kanan jalan dipenuhi tumbuhan jati dan karet. Gunung Ungaran yang hijau kebiruan diterpa sinar mentari, juga elok terlihat.

Terlebih bila Anda melintasinya jelang matahari tenggelam. Anda tidak hanya disuguhi panorama sunset, melainkan juga aktivitas kera-kera liar di pinggir hutan jati, yang sedang mencari makan.

Secara umum, kondisi jalannya cukup bagus, dan mulus. Nyaris tak ada gelombang, dan lubang. Sebagian besar sudah dibeton, dan dilapisi aspal.

Kompas.com/Slamet Priyatin Jalan Alternatif Kaliwungu-Kendal
Namun begitu, Anda tetap harus hati-hati dan waspada, bila melewati jalan alternatif tersebut. Selain banyak yang terjal dan berliku, jika malam turun, gelap membayangi sepanjang jalan. Ini terjadi karena penerangan jalan masih minim.

Jarak jalur alternatif dari Kaliwungu Kendal ke Kabupaten Semarang, sekitar 45 kilometer. Anda akan melewati Kaliwungu Selatan Boja, Gunungpati, dan kemudian Ungaran.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kendal, M Toha, jalur alternatif Kendal-Kabupaten Semarang, sudah dilengkapi papan marka, dan petunjuk jalan.

Pemudik yang ingin melewati jalan itu, tinggal mengikuti papan petunjuk jalan.

“Di setiap pertigaan atau perempatan, kami sudah memasang papan petunjuk jalan. Kami pastikan pemudik tidak kesasar,” kata Toha kepada KompasProperti, Senin (29/05).

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.