Kompas.com - 29/05/2017, 03:00 WIB
Penulis Dani Prabowo
|
EditorHilda B Alexander

TUBAN, KompasProperti - Jalur Pantai Utara (Pantura) yang menghubungkan Semarang, Jawa Tengah hingga Tuban, Jawa Timur, terpantau dalam kondisi cukup baik.

Meski ada sejumlah perbaikan di beberapa ruas, namun hal tersebut diperkirakan tidak akan terlalu mengganggu bila dilewati pengendara saat arus mudik dan balik Lebaran tahun ini.

Berdasarkan pantaun Tim MudikGesit Kompas Gramedia pada Selasa (23/5/2017) lalu, kondisi jalan mulai dari Semarang melewati Demak menuju Kudus, Pati, Rembang hingga Tuban cukup mulus.

Adapun sejumlah perbaikan jalan terdapat di depan kawasan industri Semarang, Jalan Raya Sluke di Rembang, dan Jalan Raya Tambakboyo di Tuban.

Perbaikan itu mulai dari peninggian jalan dengan menggunakan lapisan cor beton, penambalan aspal hingga perbaikan jembatan.

Untuk ruas jalan antara Semarang hingga Kudus, kondisi jalan terdiri dari dua jalur dan empat lajur, yaitu dua lajur menuju Jawa Timur dan dua lajur arah sebaliknya.

Begitu memasuki Pati menuju Rembang, Lasem, hingga Tuban, ruas jalan menyempit. Hanya ada dua jalur yang masing-masing satu lajur berlawanan arah yang diperlebar dengan bahu jalan.

Perlu diwaspadai, bahwa ruas Semarang hingga Tuban sepanjang 207 kilometer itu, sering dilalui kendaraan besar, seperti bus dan truk.

Sementara, jalan yang tidak terlalu lebar cukup menyulitkan para pengguna kendaraan pribadi terutama saat akan menyalip kendaraan yang ada di depannya.

Pengendara pribadi yang melintasi ruas Pati hingga Tuban memiliki kebiasaan memanfaatkan bahu jalan ketika akan menyalip.

Hal tersebut cukup berbahaya, karena rawan terjadi kecelakaan terutama bila setelah menyalip ada jembatan di depannya.

Selain itu, jalan penghubung antar-kota juga minim lampu penerangan jalan umum. Selain lampu kendaraan masing-masing, pengendara hanya dibantu penerangan yang berasal dari lampu rumah warga yang berada di kanan kiri jalan.

Namun, bila telah memasuki kawasan pusat perkotaan/kabupaten, lampu penerangan jalan tersebar merata di sepanjang jalan yang dilintasi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.