Kompas.com - 23/05/2017, 23:25 WIB
Penulis Dani Prabowo
|
EditorHilda B Alexander

BREBES, KompasProperti - Pengerjaan ruas Tol Brebes-Pemalang terus dilakukan. Ruas tol yang menjadi bagian dari Jalan Tol Pejagan-Pemalang itu ditargetkan rampung pada H-10 Lebaran 2017, sehingga, dapat difungsikan sebagai jalur mudik bagi pemudik nantinya.

Lantas seperti apa kesiapan ruas tol tersebut?

Tim MudikGesit Kompas Gramedia berkesempatan menilik ruas itu pada Senin (22/5/2017). Tim MudikGesit menyusuri jalur tersebut hingga exit toll Ujungrusi, Kecamatan Adiwerna, Tegal.

Dari pantauan, diketahui jalur yang akan digunakan para pemudik telah dilapisi dengan lean concrete atau lantai kerja setebal 10 sentimeter.

Jalur itu dirancang selebar tujuh meter, sehingga dapat menampung dua mobil bila berjalan secara bersamaan.

Sementara itu, pada sisi kiri dan kanan jalur, masih didominasi dengan tanah. Kondisi jalan pun berdebu saat dilalui.

Namun, debu yang berterbangan tidak separah kondisi saat pintu Brebes Timur Exit atau Brexit yang merupakan seksi I dan II Jalan Tol Pejagan Pemalang, saat dibuka tahun lalu.

Menurut rencana, ruas Tol Brebes-Pemalang akan dilengkapi dengan 12 gardu yang berada tak jauh dari pintu tol Brexit. Gardu tersebut akan dioperasikan bila kepadatan arus kendaraan di Brexit cukup tinggi.

Namun, pembukaan gardu tersebut hanya akan dilakukan pada pagi hingga sore hari. Sementara, pada malam hari gardu akan ditutup lantaran lampu penerangan yang ada masih minim.

Ruas Tol Brebes-Pemalang akan dilengkapi dengan empat exit toll sementara ketika difungsikan pada masa mudik Lebaran mendatang.

Selain Ujungrusi, ada pula Karangjati dan Warureja di Tegal dan Sewaka di Pemalang. Setelah masa lebaran usai, exit toll permanen akan dibangun yaitu di Adiwerna dan Sewaka.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.