Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menilik Kesiapan Ruas Tol Brebes-Pemalang Saat Mudik Lebaran

Kompas.com - 23/05/2017, 23:25 WIB
Dani Prabowo

Penulis

BREBES, KompasProperti - Pengerjaan ruas Tol Brebes-Pemalang terus dilakukan. Ruas tol yang menjadi bagian dari Jalan Tol Pejagan-Pemalang itu ditargetkan rampung pada H-10 Lebaran 2017, sehingga, dapat difungsikan sebagai jalur mudik bagi pemudik nantinya.

Lantas seperti apa kesiapan ruas tol tersebut?

Tim MudikGesit Kompas Gramedia berkesempatan menilik ruas itu pada Senin (22/5/2017). Tim MudikGesit menyusuri jalur tersebut hingga exit toll Ujungrusi, Kecamatan Adiwerna, Tegal.

Dari pantauan, diketahui jalur yang akan digunakan para pemudik telah dilapisi dengan lean concrete atau lantai kerja setebal 10 sentimeter.

Jalur itu dirancang selebar tujuh meter, sehingga dapat menampung dua mobil bila berjalan secara bersamaan.

Sementara itu, pada sisi kiri dan kanan jalur, masih didominasi dengan tanah. Kondisi jalan pun berdebu saat dilalui.

Namun, debu yang berterbangan tidak separah kondisi saat pintu Brebes Timur Exit atau Brexit yang merupakan seksi I dan II Jalan Tol Pejagan Pemalang, saat dibuka tahun lalu.

Menurut rencana, ruas Tol Brebes-Pemalang akan dilengkapi dengan 12 gardu yang berada tak jauh dari pintu tol Brexit. Gardu tersebut akan dioperasikan bila kepadatan arus kendaraan di Brexit cukup tinggi.

Namun, pembukaan gardu tersebut hanya akan dilakukan pada pagi hingga sore hari. Sementara, pada malam hari gardu akan ditutup lantaran lampu penerangan yang ada masih minim.

Ruas Tol Brebes-Pemalang akan dilengkapi dengan empat exit toll sementara ketika difungsikan pada masa mudik Lebaran mendatang.

Selain Ujungrusi, ada pula Karangjati dan Warureja di Tegal dan Sewaka di Pemalang. Setelah masa lebaran usai, exit toll permanen akan dibangun yaitu di Adiwerna dan Sewaka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com