Kompas.com - 18/05/2017, 14:09 WIB
|
EditorHilda B Alexander

TANGERANG, KompasProperti - PT Tatalogam Lestari memproduksi rumah permanen instan bernama Domus yang gencar dipasarkan sejak tahun lalu.

Menurut Vice President Director PT Tatalogam Lestari, Stephanus Koeswandi, gencarnya pemasaran produk ini sejalan dengan Program Nasional Pembangunan Sejuta Rumah yang dimulai pada 2015.

"Tahun lalu 3.000 unit, tapi enggak bangun langsung. Tahun ini targetnya 10.000 rumah," ujar Stephanus di booth Tata Logam, Indobuildtech, Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang, Rabu (17/5/2017).

Stephanus menuturkan, karena Domus dibangun dalam waktu singkat, pembangunan Sejuta Rumah bisa lebih cepat dilaksanakan.

Membangun rumah Domus hanya berlangsung selama 5 hari karena materialnya sudah dipersiapkan di pabrik atau dikenal dengan teknik prefabrikasi.

Para tukang dan kontraktor yang mengerjakan pembangunan juga tidak sembarangan melainkan harus melalui pelatihan untuk mempertahankan mutu produk.

"Kami kerja sama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) karena kontraktor kan perlu sertifikasi," kata Stephanus.

Ia mengaku, hampir setiap minggu Tatalogam mengadakan pelatihan di seluruh Indonesia. Karena merupakan material pabrikan dan hanya menyediakan bahan baku, perseroan perlu melakukan pembinaan dan pelatihan.

Sejauh ini, Domus sudah digunakan pada proyek rumah bersubsidi, Rumah Hijau Cidahu, di Sukabumi, sebanyak 200 unit.

Selain itu, Tatalogam juga telah mengaplikasikan Domus untuk proyek kerja sama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Pemerintah Kota Tangerang.

Baik Domus yang berupa rumah satu lantai dan Domus Quadrat berupa rumah 2 lantai, digunakan dalam program bedah rumah pemerintah daerah tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.