Kompas.com - 08/05/2017, 17:16 WIB
Muhammad Reza, seorang dosen Jurusan Planologi di Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang saat memperkenalkan UR - Watch, sebuah aplikasi yang diciptakannya, Senin (8/5/2017) KOMPAS.com / Andi HartikMuhammad Reza, seorang dosen Jurusan Planologi di Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang saat memperkenalkan UR - Watch, sebuah aplikasi yang diciptakannya, Senin (8/5/2017)
|
EditorHilda B Alexander

MALANG, KompasProperti - Muhammad Reza, dosen Jurusan Planologi di Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang menciptakan aplikasi pengendalian dan pemanfaatan tata ruang berbasis android.

Aplikasi ini diberi nama UR-Watch yang merupakan kepanjangan dari urban and regional watch.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ini merupakan aplikasi pertama di Indonesia yang menyajikan peta rancangan detail tata ruang suatu daerah beserta pengawasannya.

"Yang pertama sistem kerjanya adalah pelaporan," kata Reza, Senin (8/5/2017).

Baca: Indonesia, Darurat Penataan Ruang

Reza menjelaskan, melalui aplikasi itu, setiap orang bisa memantau pelaksanaan pembangunan sesuai dengan rancangan tata ruang yang ada.

Jika ada yang tidak sesuai, pengguna aplikasi itu bisa melaporkannya. Pelaporannya bisa dilakukan dengan mengunggah gambar lengkap dengan lokasinya.

"Dengan adanya tata ruang yang sudah terintegrasi dengan aplikasi bisa mengawasi dan melaporkan. Selanjutnya menunggu tanggapan dari pihak yang berwenang," jelasnya.

UR-Watch juga dikerjasamakan dengan pemerintah daerah setempat. Termasuk Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) untuk menjadi administrator supaya bisa menanggapi dan menindaklanjuti laporan yang dilakulan oleh warga melalui aplikasi itu.

"Nanti para pengguna bisa melihat pada akun history untuk melihat tindakan yang dilakukan pemerintah terhadap laporan itu," kata Reza.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.