Kompas.com - 05/05/2017, 16:10 WIB
Proyek Tol Cinere-Jagorawi seksi 2 Kompas.com/Laila RahmawatiProyek Tol Cinere-Jagorawi seksi 2
Penulis Dani Prabowo
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KompasProperti - Proses pengerjaan konstruksi ruas Jalan Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) Seksi II, yang membentang dari Jalan Raya Bogor hingga Kukusan, Beji, Depok, terus dikebut.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Herry Trisaputra Zuna menjelaskan, untuk ruas Seksi II A antara Cisalak sampai Margonda, saat ini progres pembebasan tanahnya sudah mencapai 97,65 persen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Sedangkan proses pengerjaan fisiknya 71,5 persen," kata Herry saat dihubungi KompasProperti, Jumat (5/5/2017).

Sedangkan, untuk ruas Seksi II B yang membentang antara Margonda hingga Kukusan, progres pembebasan lahan telah mencapai 91 persen. Ada pun untuk pengerjaan fisiknya telah mencapai 65,7 persen.

"Untuk Seksi III Kukusan-Cinangka, tanahnya baru 2,79 persen. Konstruski belum mulai, nah ini yang kita percepat," ujarnya.

Jalan Tol Cijago yang membentang dari Cimanggis hingga Cinere sepanjang 14,6 kilometer merupakan bagian dari jaringan Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) II sepanjang lebih dari 110 kilometer yang melingkar dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta hingga Tanjung Priok.

Jaringan Jalan Tol JORR II merupakan lingkaran kedua dari jaringan JORR. Jalan Tol Cijago akan menghubungkan wilayah barat Jakarta dengan wilayah Tangerang yang kemudian dilanjutkan dari simpang susun di Kunciran ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta sepanjang 55,73 kilometer.

Di sebelah timur, Jalan Tol Cijago akan tersambung dengan Jalan Tol Cimanggis-Cibitung (Tol Jakarta-Cikampek) sepanjang 25,4 kilometer dan berakhir di Tanjung Priok melalui ruas Cilincing-Cibitung sepanjang 34 kilometer.

Itu artinya jaringan jalan Tol JORR II menjadi penghubung yang sangat strategis bagi kelancaran transportasi dari arah barat atau Jalan Tol Trans Sumatra ke timur (Jalan Tol Trans Jawa).

Dengan Jalan Tol JORR II, akan tersedia kemudahan akses dari dan menuju Pelabuhan Laut dan Udara, serta kelancaran arus transportasi dari Barat ke Timur mengingat kapasitas JORR I sudah mencapai titik jenuh.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.