Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Tampilan Rumah DP 1 Persen, Cicilan Rp 800.000 Per Bulan

Kompas.com - 05/05/2017, 06:30 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

CIKARANG, KompasProperti - Ribuan rumah murah yang sudah terbangun dan diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ada di Vila Kencana Cikarang, Sukatani, Bekasi.

Perumahan yang dibesut PT Arrayan Bekasi Development (SPS Group) ini berada di lahan seluas 105 hektar.

Harga rumahnya mulai dari Rp 141 juta dengan luas bangunan 25 meter persegi dan lahan 60 meter persegi.

Baca: Jokowi Resmikan Rumah Murah DP 1 Persen

KompasProperti berkesempatan melihat-lihat salah rumah yang sudah jadi, lengkap dengan furniturnya.

Rumah ini terdiri dari 2 kamar tidur, ruang tamu, dan kamar mandi. Salah kamar tidur di antaranya bisa difungsikan sementara sebagai dapur dan ruang makan.

Pasalnya rumah ini termasuk rumah tumbuh yang belum memiliki dua ruangan tersebut namun dimungkinkan untuk pelebaran melalaui renovasi baik ke depan maupun ke belakang.

Untuk kamar mandinya, sudah dilengkapi dengan kloset jongkok. Adapun lantai rumah ini menggunakan keramik homogenous tile ukuran 30x30 cm.

Perumahan ini sudah dibangun sejak 2016. Hingga kini telah ada 4.734 unit yang berdiri. Sejumlah 3.612 di antaranya sudah akad Kredit Pemilikan Rumah (KPR) subsidi dari Bank BTN. Sementara 1.200 unit sedang dalam proses KPR.

Arimbi Ramadhiani/Kompas.com Rumah murah Villa Kencana Cikarang yang diresmikan Presiden Joko Widodo pada Kamis (4/5/2017) dilengkapi fasilitas tempat ibadah.
Karena termasuk rumah subsidi, masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dapat memanfaatkan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP).

Fasilitas ini meliputi uang muka atau down payment (DP) 1 persen, bantuan uang muka Rp 4 juta, dan bunga fixed 5 persen dengan tenor 20 tahun.

Meski merupakan perumahan subsidi, pengembang melengkapi kawasan dengan berbagai sarana dan prasarana.

Di dalam kawasan perumahan tersebut sudah berdiri masjid dan juga lapangan olahraga. Rencananya, fasilitas lain yang akan dibangun adalah sarana pendidikan dan rumah sakit.

Berikut tampilan fisik rumah murah DP 1 persen:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com