Kompas.com - 04/05/2017, 08:51 WIB
Growroom Weforum.org/Alona VibeGrowroom
|
EditorHilda B Alexander

KOPENHAGEN, KompasProperti - Space10, laboratorium inovasi IKEA, telah merancang perabot "hidup" yang bisa memberi makan beberapa orang.

Disebut Growroom, perabot ini merupakan kebun menyerupai bola yang menumbuhkan tanaman, sayuran, dan rempah-rempah.

"Kebun ini memberdayakan orang untuk menumbuhkan makanan mereka sendiri secara lebih lokal dengan cara yang indah dan berkelanjutan," ujar para perancangnya seperti dilansir Medium.

Meski Space10 meluncurkan Growroom pada akhir 2016, para perancang hanya membuat rencana alih-daya. Instruksi manual bisa diunduh di situs Space10.

Dengan ukuran sekitar 3 meter, Growroom memungkinkan Anda menanam tanaman di dalam rumah. Anda juga bisa duduk di dalam dan mengaguminya.

Terbuat dari 17 lembar kayu lapis, strukturnya dibuat dengan palu karet, sekrup baja nir-karat 500 buah, dan mesin penggilingan.

Potongannya menempel seperti kebanyakan perabotan IKEA. Mereka bisa dipalu bersama dengan paku.

Growroom pertama dibangun pada tahun 2016, dan dipamerkan di Chart Art Fair di Kopenhagen, Denmark. Versi terbaru tidak termasuk bagian logam.

Weforum.org/Alona Vibe Growroom

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber WEFORUM
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.