BPJS Targetkan Pembiayaan 24.000 Rumah Tahun Ini

Kompas.com - 26/04/2017, 14:14 WIB
Ilustrasi. Ada cara mudah meningkatkan nilai jual rumah. www.shutterstock.comIlustrasi. Ada cara mudah meningkatkan nilai jual rumah.
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KompasProperti - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial ( BPJS) Kesejahteraan menyediakan dana perumahan yang disalurkan melalui PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau Bank BTN.

Penyediaan dana ini sesuai Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 55 Tahun 2015 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 99 Tahun 2013 tentang Pengelolaan Aset Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.

"Tahun ini ditargetkan 24.000 rumah dengan asumsi Rp 5 triliun," ujar Kepala Investasi BPJS Ketenagakerjaan Edy Subagyo, saat seminar "Peran Pemerintah dan Stakeholder dalam Memenuhi Kebutuhan Rumah Rakyat", di Hotel Aston, Sentul, Rabu (26/4/2017).

Edi mengatakan, BPJS Ketenagakerjaan selama ini memiliki 4 program yaitu Jaminan Hari Tua (JHT), jaminan kematian, kecelakaan kerja, dan pensiun.

Program tambahan yang ke-5 adalah pembiayaan perumahan untuk pekerja.

Dari ke-4 program yang sudah ada, baru program pembiayaan perumahan yang bisa dinikmati langsung oleh anggota BPJS minimal 1 tahun keanggotaan.

Sebagai contoh, untuk mencairkan dana pensiun, anggota BPJS paling tidak sudah berumur di atas 50 tahun.

Alokasi pembiayaan perumahan ini berasal dari 30 persen dana total Jaminan Hari Tua (JHT) di BPJS Ketenagakerjaan.

"Total dana JHT sendiri ada Rp 200 triliun, kalau 30 persennya berarti ada Rp 60 triliun. Tapi untuk tahap pertama asumsi kami Rp 5 triliun," kata Edy.

Dana ini bisa digunakan baik oleh masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) maupun menengah dengan harga rumah maksimal Rp 500 juta.

Sementara untuk uang muka, Edy mengatakan, skemanya mengikuti Bank BTN. Artinya, bagi MBR bisa memanfaatkan fasilitas tersebut dengan mengambil rumah subsidi uang muka 1 persen.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X