Arsitektur Bioklimatik, Solusi Ketergantungan pada AC

Kompas.com - 24/04/2017, 20:30 WIB
Ilustrasi apartemen. Ilustrasi apartemen.
|
EditorHilda B Alexander

HO CHI MINH, KompasProperti - Di kota Vietnam, dan banyak negara sub-tropis berkembang di Asia, seperti Indonesia dan Filipina, pendingin ruangan merupakan sebuah kebutuhan.

Tapi satu firma arsitektur menganjurkan cara yang berbeda untuk membuat ruangan tetap sejuk.

T3 Architecture Asia, yang berkantor di Vietnam dan Perancis, mengkhususkan diri pada latar belakang "arsitektur bioklimatik". Arsitektur ini diklaim dapat membuat unit pendingin atau AC berenergi lebih.

Dengan memanfaatkan topografi, iklim, dan vegetasi lokal, serta dengan memanipulasi orientasi bangunan, perusahaan dapat secara alami menciptakan iklim dalam ruangan yang nyaman.

"Sangat penting untuk semua desain bangunan baru di kota-kota untuk mencakup fitur arsitektur bioklimatik," ujar direktur implementasi di perusahaan konsultan Carbon Trust, Myles McCarthy.

Permintaan untuk bangunan di kota-kota di Asia, baik domestik maupun komersial meningkat.

Dengan populasi yang semakin padat, akan sangat penting untuk memastikan pertumbuhan bangunan tidak mendorong konsumsi energi dan air lebih tinggi.

LTF Ilustrasi apartemen

Berpikir secara berbeda

Direktur T3 Architecture Asia, Charles Gallavardin, pertama kali terjun ke arsitektur bioklimatik pada tahun 2005.

Bekerja sama dengan Bank Dunia, ia membangun sebuah gedung apartemen yang terjangkau di Ho Chi Minh City.

Halaman:


Sumber CNN Style
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X