Kompas.com - 15/04/2017, 13:00 WIB
Quest Hotel Balikpapan Dok. Archipelago InternationalQuest Hotel Balikpapan
|
EditorHilda B Alexander

DENPASAR, KompasProperti - Setelah menguasai Jakarta, Accorhotels juga tercatat memuncaki daftar operator dengan hak pengelolaan hotel berbintang terbanyak di Bali.

Baca: Siapa Penguasa Bisnis Hotel di Jakarta?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut riset Colliers International Indonesia, kelompok usaha fasilitas akomodasi itu menjadi operator untuk 19 hotel berbintang di Pulau Dewata hingga kuartal I-2017.

Rinciannya, 6 hotel dengan klasifikasi bintang 3, 8 hotel berklasifikasi bintang 4, dan 5 hotel berklasifikasi bintang 5.

Accorhotels merupakan perusahaan multinasional yang berbasis di Paris, Perancis. Perusahaan ini memegang 20 merek hotel mulai dari kelas budget atau ekonomi hingga mewah.

Per Maret 2017, Accorhotels tercatat mengelola 4.100 hotel di 95 negara. Dari hasil pengelolaan tersebut, Accorhotels ini meraup pendapatan 5.631 juta Euro per 2016.

Menyusul di tempat kedua adalah Marriott International dengan 10 hotel. Seluruh hotel ini berklasifikasi bintang 5.

Secara total, Marriott International mengoperasikan lebih dari 6.000 hotel di 122 negara. Pendapatan yang didulang selama tahun fiskal 2016 senilai 17 miliar dollar AS.

Raksasa hotel ini didirikan oleh J Willard and Alice Marriott dengan basis perusahaan di Maryland, Amerika Serikat.

Tiga nama berikutnya yang mendominasi bisnis hotel di Bali, ada dalam infografis berikut ini:

Operator Hotel

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.