Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gratis, Lewat Tol Akses Tanjung Priok Selama Sebulan

Kompas.com - 15/04/2017, 11:49 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - Jalan Tol Akses Tanjung Priok bakal segera beroperasi setelah pembangunannya rampung 100 persen.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan meresmikan tol yang mulai dibangun sejak awal 2009 pada Sabtu (15/4/2017) siang.

Sebagaimana laiknya jalan tol baru, Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) masih akan menggratiskan biaya masuk Jalan Tol Akses Tanjung Priok.

"Sementara kami operasikan tanpa tarif sampai sebulan supaya masyarakat bisa merasakan enak pasca peresmian nanti," tutur Kepala BPJT Kementerian PUPR Herry Trisaputra Zuna kepada KompasProperti, di Jalan Tol Akses Tanjung Priok, Sabtu (15/4/2017).

Dengan begitu, masyarakat yang ingin menggunakan jalan tol sepanjang 11,4 kilometer tersebut tidak akan dikenakan tarif hingga 15 Mei 2017 mendatang.

Lebih lanjut Herry mengatakan, untuk besaran tarifnya masih terus dikaji dan belum ada perkiraan angkanya.

"Besarannya masih kami kaji dan sekarang belum keluar surat kepiutusan (SK)-nya," imbuhnya.

Herry juga menjamin Jalan Tol Akses Tanjung Priok sudah melewati uji layak operasi dan aman digunakan oleh masyarakat, meskipun tarifnya belum ditentukan.

Dokumentasi Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Jalan Tol Akses Tanjung Priok
Layak operasinya tol tersebut juga telah dibuktikan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono yang seminggu sebelumnya atau tepatnya pada 9 April 2017 melakukan kegiatan bersepeda santai dengan pegawai Kementerian PUPR.

Jalan Tol Akses Tanjung Priok sempat tertunda penyelesaiannya akibat sulitnya pembebasan tanah dan pembongkaran 69 tiang beton yang tidak memenuhi mutu rencana.

"Ruas tol ini akan dilewati oleh truk-truk bermuatan berat sehingga dapat dilalui kendaraan dengan beban 45 ton," ucap Basuki.

Jalan tol yang konstruksinya dimulai pada 2009 silam ini diyakini akan memperlancar lalu lintas keluar masuk Pelabuhan Tanjung Priok.

Dana yang digunakan untuk membangun jalan tol ini mencapai Rp 5 triliun dengan rincian Rp 1 triliun untuk pengadaan lahan dan Rp 4 triliun guna konstruksinya.

Berikut video laporannya:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com