Kompas.com - 12/04/2017, 23:00 WIB
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KompasProperti - Calon Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), mengaku salah menerapkan strategi dalam relokasi warga di bantaran sungai ke rumah susun (rusun) yang disiapkan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

Pasalnya, ketika melakukan relokasi tersebut Ahok melupakan unsur-unsur sosial yang telah lama tertanam dalam perilaku masyarakat bantaran kali.

"Harus diakui waktu kami pindahkan ada unsur sosial yang kami tidak perhatikan contoh tadi bisa pinjam cabe dan minyak, tetapi sekarang tempat berubah," kata Ahok dalam debat publik Pilkada DKI Jakarta yang diselenggarakan di Hotel Bidakara, Rabu (12/4/2017).

Untuk itu, ke depannya Ahok berjanji akan memunculkan kembali solidaritas sosial tersebut dengan sama-sama tinggal dalam satu lantai termasuk menyiapkan tempat dagang di daerah sekitar rusun.

"Kami sedang pikirkan untuk bongkar pagar seperti di Rusun Jatinegara buat bangun kios bagi pedagang di semua rusun," imbuh Mantan Bupati Bangka Belitung tersebut.

Posisi kios yang akan menempati pagar rusun itu disebut Ahok strategis karena mobil bisa mampir untuk membeli.

Ahok pun mengakui, selama ini desain rusun yang dikembangkannya belum sempurna dan berencana mengubahnya.

"Ada kesalahan desain masa lalu yang terus kami perbaiki. Saya mohon maaf semoga bapak mau bersabar," tuntasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.