Kompas.com - 12/04/2017, 20:59 WIB
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KompasProperti - Calon Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) meminta maaf atas kesalahan desain rumah susun (rusun) Jatinegara, sehingga mengakibatkan terjadinya kebocoran.

"Rusun bocor seperti yang dialami Bapak (warga komunitas rusun) Jatinegara adalah kesalahan desain masa lalu dengan kontraktor yang buruk. Untuk itu kami minta maaf," kata Ahok dalam debat publik Pilkada DKI Jakarta yang diselenggarakan di Hotel Bidakara, Rabu (12/4/2017).

Ahok memohon maaf menanggapi keluhan warga komunitas rusun Jatinegara yang mendapat kesempatan mengajukan pertanyaan pada debat tersebut.

Permohonan maaf juga dikemukakan pasangan Ahok, Djarot Saiful Hidayat. Djarot berjanji akan memperbaiki rusun bocor tersebut.

Terkait keharusan untuk membayar uang sewa yang dikeluhkan warga komunitas, Ahok menjawab hal itu sebagai kontribusi untuk iuran pengelolaan lingkungan (IPL).

IPL ini termasuk perawatan gedung, kebersihan, dan keamanan rusun.

"Besaran kontribusi hanya 20 persen, sebagian lainnya 80 persen kami subsidi," imbuh Ahok.

Rusun Jatinegara ditujukan untuk menampung warga relokasi Kampung Pulo yang telah dipindahkan dari bantaran Kali Ciliwung sejak Juni 2015 dengan skema sewa (rusunawa). 

Menempati area lahan milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, rusun ini dibangun dengan dana APBN oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Rusun Jatinegara terdiri dari dua menara, 16 lantai, dengan kapasitas mencapai 520 unit. Fasilitas yang disediakan di lantai satu adalah satu unit rusun bagi kaum difabel, lobi, posko kesehatan dan ruang administrasi.

Sementara di lantai dua ada area yang disiapkan untuk sekolah PAUD, Pusat Jajanan Serba Ada (Pujasera) atau Food court. Selain itu di lantai dua ada control room, genset dan panel room.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.