Bingung Memulai Dekorasi dari Mana? Ini Panduannya!

Kompas.com - 12/04/2017, 19:00 WIB
Salah satu contoh dekorasi di ruang pamer Fabelio, Jakarta Selatan. Arimbi Ramadhiani/Kompas.comSalah satu contoh dekorasi di ruang pamer Fabelio, Jakarta Selatan.
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KompasProperti - Seringkali proses dekorasi rumah menjadi hal yang sulit karena Anda bingung harus memulai dari mana.

Chief Design Officer produsen furnitur dan layanan jasa desain Fabelio, Marshall Utoyo menuturkan, selain untuk mempercantik, dekorasi juga harus sesuai kebutuhan.

Untuk itu, ketika memulai dekorasi, prioritaskan kebutuhan utama terlebih dahulu.

"Setiap orang punya kebutuhan yang beda-beda, kalau saya ditanya saat baru pindah, mana yang pertama didekorasi adalah toilet atau kamar mandi," ujar Marshall saat jumpa pers “Rancangan Maksimal, Anggaran Minimal", di ruang pamer Fabelio, Jakarta, Rabu (12/4/2017).

Terlebih jika pindah ke rumah atau apartemen yang sudah pernah ditempati sebelumnya, toilet menjadi prioritas bagi Marshall untuk didekorasi ulang.

Dengan demikian, ia lebih banyak menyisihkan biaya untuk renovasi ulang toilet.

Beda dengan Marshall, ada pula yang lebih mementingkan ruang tamu karena sering menerima tamu di rumahnya.

"Ada yang lebih memilih ruang keluarga (living room), makanya ingin ruang ini sempurna, enggak apa-apa tempat tidur lesehan, terus kamar mandi bisa (didekorasi) nanti," sebut Marshall.

Intinya, tambah dia, untuk mendekorasi atau merenovasi rumah, harus disesuaikan dengan anggaran dan prioritas.

Sebagai tips tambahan, pusatkan anggaran pada ruangan yang lebih banyak ditempati atau dilewati sehari-harinya sesuai kebutuhan.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X