Harga Lahan di Jadebotabek Naik 5 Persen

Kompas.com - 12/04/2017, 16:00 WIB
Ilustrasi. Ada cara mudah meningkatkan nilai jual rumah. www.shutterstock.comIlustrasi. Ada cara mudah meningkatkan nilai jual rumah.
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KompasProperti - Harga rata-rata lahan untuk pengembangan perumahan di kawasan Jakarta-Depok-Bogor-Tangerang-Bekasi (Jadebotabek) naik 5 persen pada semester II-2016.

Harga rata-rata tertinggi berlaku untuk lahan di Jakarta dengan angka Rp 13,333 juta per meter persegi.

Kendati melambat, pertumbuhan harga tersebut merupakan sinyalemen positif bagi sektor perumahan tapak (landed residential) tahun ini. 

"Pertumbuhan 2016 memang lambat, namun perbaikan signifikan akan terjadi pada semester kedua 2017," ujar Director Research and Advisory Cushman and Wakefield Indonesia Arief Rahardjo menjawab KompasProperti, Senin (10/4/2017).

Perumahan segmen menengah ke bawah dan menengah diprediksi masih akan menjadi incaran utama pasar (konsumen). Hal ini sejalan dengan besarnya kebutuhan potensial pada segmen pasar terkait.

Buktinya, transaksi perumahan terbanyak terjadi di segmen menengah dengan 35,9 persen. Segmen atas di peringkat kedua dengan 23,8 persen.

Menurut Arief, Tangerang menjadi kawasan dengan jumlah transaksi tertinggi baik dari segi unit maupun nilai penjualan. Kawasan ini tercatat membukukan transaksi sebanyak 53,9 unit per bulan per perumahan.

Menyusul di posisi kedua terbanyak adalah Bogor, dan Depok dengan angka 26,2 unit per bulan per perumahan.

Ada pun rumah yang paling diminati atau menjadi favorit konsumen, seharga Rp 1 miliar hingga Rp 1,6 miliar dengan dimensi bangunan 60-120 meter persegi dan lahan seluas 60-136 meter persegi.

Cushmand and Wakefield Indonesia juga mencatat, terdapat 3.992 unit rumah baru yang dilansir pada semester II-2016. Segmen bawah mendominasi pasokan baru ini.

"Tangerang menjadi wilayah paling aktif, dengan porsi kontribusi 80 persen," kata Arief.

Berikut daftar harga rata-rata lahan untuk pengembangan perumahan di Jadebotabek:

  • Jakarta Rp 13,133 juta per meter persegi
  • Tangerang Rp 12,466 juta per meter persegi
  • Bogor-Depok Rp 6,238 juta per meter persegi
  • Bekasi Rp 8,833 juta per meter persegi



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X