Transaksi Tol dari Merak Menuju Jakarta Dilakukan di GT Cikupa

Kompas.com - 11/04/2017, 14:19 WIB
Mobil terjebak macet tol Jakarta-Merak di Balaraja Timur, Serang, Banten, akibat banjir luapan Sungai Ciujung yang merendam tol di kilometer 57, Kamis (10/1/2013). Akibat banjir ini akses tol Jakarta-Merak putus dan ratusan rumah warga terendam. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO KRISTIANTO PURNOMOMobil terjebak macet tol Jakarta-Merak di Balaraja Timur, Serang, Banten, akibat banjir luapan Sungai Ciujung yang merendam tol di kilometer 57, Kamis (10/1/2013). Akibat banjir ini akses tol Jakarta-Merak putus dan ratusan rumah warga terendam. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KompasProperti - Jalan Tol Jakarta-Tangerang dan Tangerang-Merak telah diintegrasi dengan peniadaan Gerbang Tol Karang Tengah sejak Minggu (9/4/2017).

Untuk mendukung integrasi ini, PT Marga Mandalasakti (MMS) sebagai pengelola tol Tangerang-Merak menyiapkan Gerbang Tol (GT) Cikupa sebagai gerbang penarikan transaksi.

"Kendaraan dari Merak atau Balaraja, Serang menuju ke Jakarta, pembayaran yang sebelumnya di ruas Karang Tengah akan ditarik di Cikupa," ujar Direktur Teknik dan Operasi PT Marga Mandalasakti Sunarto Sastrowiyoto saat jumpa pers di Jakarta, Senin (10/4/2017).

Sunarto menuturkan, dalam rangka mendukung rencana pemerintah untuk mengintegrasikan jalan tol, MMS menambah dua gardu di pintu masuk Cikupa.

Selain itu, di ramp Cikupa juga ditambahkan satu gardu off-ramp untuk pembayaran. Dengan demikian, kendaraan dari Bitung yang melalui tol Jakarta-Tangerang menuju Merak, hanya mengambil tiket di Cikupa.

Sedangkan pembayaran berlaku di gardu keluar, seperti Balaraja maupun Merak.

"Secara jarak jauh ada selisih pembayaran. Jarak jauh malah (pembayarannya) berkurang. Sebaliknya, mungkin ada beberapa yang terkejut seperti naik, karena sudah termasuk pembayaran untuk arah Karang Tengah," kata Sunarto.

KOMPAS.com Tarif Baru Jalan Tol Tangerang-Merak

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X