Bangun 51 Gardu Tol Baru, Jasa Marga Anggarkan Rp 130 Miliar

Kompas.com - 10/04/2017, 13:33 WIB
Gerbang Tol Karang Tengah, Senin (10/4/2017). Arimbi Ramadhiani/Kompas.comGerbang Tol Karang Tengah, Senin (10/4/2017).
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KompasProperti - Integrasi Jalan Tol Jakarta-Tangerang-Merak yang dilakukan PT Jasa Marga (Persero) Tbk dan PT Marga Mandalasakti (MMS) berakibat pada pembongkaran Gerbang Tol Karang Tengah.

Konsekuensi dari pembongkaran tersebut, Jasa Marga membangun 51 gardu tol baru yang disesuaikan dengan aturan pemerintah.

"Nyatanya kita butuh 51 gardu kita sebar di ada 5 gerbang lima titik. Kita butuh bangun itu. Nilainya, Rp 130 miliar," ujar Direktur Operasi II PT Jasa Marga (Persero) Subakti Syukur, kepada wartawan, di Jakarta, Sabtu (10/4/2017).

Baca: Pemerintah Minta Maaf Integrasi Tol Jakarta-Merak Bikin Macet

Ia mengatakan, gardu tol harus dibuat paling tidak 30 kilometer dari kota terdekat. Pasalnya, jika terjadi antrean di gardu tol, dikhawatirkan memanjang sampai ke kota. Seperti di Karang Tengah, antrean bisa tersambung ke Tomang jika tidak dibongkar.

Hingga saat ini, baru ada 26 gardu tol dari 51 gardu yang dibangun Jasa Marga. Selama pembangunan, Subakti mengaku ada kemacetan di beberapa titik.

Baca: Ini Tarif Baru Tol Jakarta-Tangerang-Merak

"Kami upayakan ada perbaikan, seperti jemput bola kepada pengendara contohnya di GT Alam Sutera," kata Subakti.

Ia menambahkan, seluruh gardu akan dibuat non-tunai. Dengan demikian, kendaraan yang masuk gerbang tol tidak membutuhkan waktu lama dalam bertransaksi.

Baca: Masih Banyak Pengendara Tak Tahu Integrasi Tol Jakarta-Merak

Berikut tarif baru Tol Jakarta-Tangerang-Merak:

KOMPAS.com Tarif Baru Jalan Tol Tangerang-Merak

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X