Ini Tarif Baru Tol Jakarta-Tangerang-Merak - Kompas.com

Ini Tarif Baru Tol Jakarta-Tangerang-Merak

Kompas.com - 08/04/2017, 23:17 WIB
KRISTIANTO PURNOMO Mobil terjebak macet tol Jakarta-Merak di Balaraja Timur, Serang, Banten, akibat banjir luapan Sungai Ciujung yang merendam tol di kilometer 57, Kamis (10/1/2013). Akibat banjir ini akses tol Jakarta-Merak putus dan ratusan rumah warga terendam. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO

JAKARTA, KompasProperti - PT Jasa Marga (Persero) Tbk mulai Minggu (9/4/2017) atau tepatnya pada pukul 00.00 WIB memberlakukan integrasi sistem transaksi pembayaran tol di Ruas Jakarta-Tangerang dan Tangerang-Merak.

Integrasi transaksi ini sejakan dengan dihilangkannya Gerbang Tol (GT) Karang Tengah. Pasalnya, GT Karang Tengah disebut-sebut menjadi biang keladi kemacetan yang timbul di Jalan Tol Jakarta-Tangerang, khususnya Jakarta-Merak Segmen Simpang Susun Tomang-Tangerang Barat-Cikupa.

Pemberlakuan integrasi sistem transaksi itu juga kemudian berpengaruh pada tarif tol Jalan Tol Jakarta-Tangerang-Merak.

Tarif tol integrasi tersebut ditetapkan melalui Surat Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Nomor 214.1/KPTS/M/2017 Tanggal 3 April 2017.

Dengan begitu, maka tarif tol yang berlaku mulai tanggal 9 April 2017 pukul 00.00 WIB untuk ruas Jalan Tol Jakarta-Tangerang-Merak dari dan ke Segmen Simpang Susun Tomang-Tangerang Barat-Cikupa adalah sebagai berikut:

  • Kendaraan Gol I Rp 7.000
  • Kendaraan Gol II Rp 9.500
  • Kendaraan Gol III Rp 12.000
  • Kendaraan Gol IV Rp 16.000
  • Kendaraan Gol V Rp 20.000

"Kami mengimbau para pengguna jalan tol menggunakan e-Toll saat melakukan transaksi karena pada saat bersamaan Jasa Marga memberlakukan 100 persen Gardu Tol Otomatis (GTO) di GT Karang Tengah Barat 1, GT Karang Tengah Barat 2, GT Kunciran 1, dan GT Kunciran 2," jelas AVP Corporate Communication Dwimawan Heru Santoso dalam keterangan tertulis kepada KompasProperti, Sabtu (8/4/2017).

Sementara itu, guna mengantisipasi terjadinya kepadatan saat peralihan pengoperasian bertahap gerbang tol paska integrasi, Jasa Marga menyiapkan Petugas Jemput Transaksi (PUTTRA).

Sedangkan untuk rekayasa lalu lintas, petugas Jasa Marga di lapangan akan mengarahkan lalu lintas keluar gerbang tol saat terjadi antrian panjang dan pemasangan rambu traffic cone agar tidak terjadi crossing lalu lintas keluar tol.

Berikut infografis tarif baru Tol Jakarta-Tangerang-Merak:

KOMPAS.com Tarif Baru Jalan Tol Tangerang-Merak

 


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
EditorHilda B Alexander

Close Ads X