GT Karang Tengah Dihilangkan, Transaksi Tol Hanya 2 Kali

Kompas.com - 06/04/2017, 20:30 WIB
Jalan Tol Jakarta-Tangerang-Merak. Dokumentasi BPJT Jalan Tol Jakarta-Tangerang-Merak.
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KompasProperti - PT Jasa Marga (Persero) Tbk dan PT Marga Mandala Sakti sepakat mengintegrasikan transaksi Jalan Tol Jakarta-Tangerang dan Jalan Tol Tangerang-Merak.

Sistem integrasi transaksi Jalan Tol Jakarta-Tangerang-Merak tersebut, diharapkan memberi manfaat bagi pengguna jalan tol baik yang menuju ke arah Jakarta maupun Merak.

Langkah awal dalam pemberlakuan integrasi transaksi tol yaitu dengan meniadakan Gerbang Tol (GT) Karang Tengah.

GT ini kerap menjadi simpul kepadatan di Jalan Tol Jakarta-Tangerang, khususnya Jakarta-Merak Segmen Simpang Susun Tomang-Tangerang Barat-Cikupa dengan 3 kali transaksi.

Dengan meniadakan GT Karang Tengah, transaksi menjadi hanya dua kali. Hal ini dapat mengurangi waktu tempuh pengguna jalan tol serta efisiensi transaksi.

Integrasi dua jalan tol ini membawa konsekuensi, yaitu Jasa Marga harus membangun gerbang tol baru di on/offf ramp sebanyak 51 gardu tol.

Saat ini, Jasa Marga sedang mengejar target pembangunan 23 gardu tol yang akan dioperasikan pada Tahap I.

Rinciannya, GT Karang tengah beroperasi 2 gardu off ramp dan 2 gardu on ramp, kemudian GT Kunciran beroperasi 2 gardu off ramp dan 2 gardu on ramp.

Sementara GT Tangerang beroperasi 3 gardu off ramp dan 4 gardu on ramp, serta GT Karawaci beroperasi 4 gardu off ramp dan 2 gardu on ramp.

Terakhir, GT Bitung beroperasi 3 gardu off ramp dan 2 gardu on ramp.

"Seluruh transaksi dilakukan pada Gerbang on/off ramp dengan pembongkaran GT Karang Tengah yang mulai dikerjakan," ujar AVP Corporate Communication Jasa Marga Dwimawan Heru Santoso, Kamis (6/4/2017).

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X