Kompas.com - 06/04/2017, 10:00 WIB
Trans Sumatera Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPRTrans Sumatera
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KompasProperti - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) masih belum mau mengungkapkan total panjang jalan tol yang bisa digunakan ketika memasuki musim mudik Lebaran 2017 mendatang.

Hal itu dilakukan lantaran untuk mengurangi euforia masyarakat atau pemudik dalam menggunakan jalan tol baru sekaligus dalam rangka mengurangi kepadatan di jalan tol.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Ini bukan apa-apa karena nanti kalau saya sampaikan semua orang mau mencoba jalan tol baru, nggak mau jalan yang lain, nanti kejadian "Brexit" bisa terulang," tutur Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Arie Setiadi Moerwanto, di kantornya, Rabu (5/4/2017).

Lebih lanjut Arie menyampaikan, pihaknya bakal secara berkala menyampaikan kesiapan beberapa ruas tol yang memang direncanakan bisa digunakan ketika mudik nanti.

Contohnya ke arah Surabaya yang disebutnya ada beberapa akses sementara yang mesti disiapkan.

KOMPAS/WAWAN H PRABOWO Foto dari udara suasana simpang susun Jalan Tol Pejagang-Pemalang, Ruas Pejagan-Brebes Timur, Minggu (26/6/2016). Ruas yang merupakan bagian dari tol Trans Jawa itu telah siap untuk mendukung kelancaran arus mudik Lebaran nanti.
Kemudian di Sumatera ada dua ruas yakni di Lampung dan Sumatera Utara yang akan dioperasikan.

Untuk sementara ini, Arie mengakui belum memiliki data kilometer jalan tol yang bisa beroperasi pada mudik Lebaran tahun ini.

Namun, dalam keterangan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) pada awal tahun ini disebutkan bahwa ada sekitar 267 kilometer jalan tol fungsional saat arus mudik dan balik Lebaran 2017 nanti.

Ruas tol pertama yang fungsional adalah Brebes Timur-Pemalang. Setelah dua seksinya beroperasi pada 2016 silam, dua seksi lainnya yakni Brebes Timur-Tegal sepanjang 10 kilometer dan Tegal-Pemalang sepanjang 26,9 kilometer.

Ruas berikutnya adalah Pemalang-Batang dengan fungsionalisasi pada Seksi I Pemalang-Pekalongan sepanjang 23,3 kilometer dan Seksi II Pekalongan-Batang dengan panjang 15,9 kilometer.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.