PPNBM Berlaku, Penjualan Apartemen Anjlok 67 Persen

Kompas.com - 05/04/2017, 20:00 WIB
Ilustrasi apartemen thinkstockIlustrasi apartemen
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KompasProperti - Belum pulihnya kondisi ekonomi Nasional memaksa pasar apartemen tahun ini tidak seperti yang diharapkan. Pasar apartemen masih digerakkan oleh kelas menengah ke bawah. 

Sementara untuk apartemen kelas atas dan mewah, justru mengalami kemunduran cenderung anjlok, karena terpengaruh pajak penjualan barang mewah (PPNBM) yang baru diberlakukan oleh pemerintah.

Beleid yang dikeluarkan pada 1 Maret ini adalah Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 35/PMK.010/2017 tentang penjualan barang mewah.

"Aktivitas (pasar) pada awal tahun ini meningkat, namun tingkat penjualan masih relatif rendah khususnya untuk kondominium (apartemen) kelas atas," ujar Head of Research Jones Lang LaSalle atau JLL Indonesia James Taylor, di Jakarta, Rabu (5/4/2017).

James menuturkan, tingkat penjualan rata-rata berada di level 67 persen yang artinya anjlok jika dibandingkan dengan pertengahan tahun 2015 yang mencapai 80 persen.

Dari seluruh penjualan yang ada, kebanyakan berasal dari kelas menengah yang mencapai 60 persen dan kelas bawah 20 persen. Sementara apartemen kelas atas penjualannya tidak sampai 20 persen. 

Karena permintaan apartemen berasal dari segmen bawah, pengembang pun mengecilkan ukuran unit agar harga bisa ditekan lebih murah.

Senada dengan James, Head of Advisory JLL Indonesia Vivin Harsanto menuturkan, kelas atas baru bisa hidup jika ada koreksi dari PPNBM yang baru.

Seperti diketahui, pemerintah menarik pajak 20 persen untuk apartemen dengan harga di atas Rp 5 miliar dan 5 persen untuk apartemen di atas Rp 10 miliar.

"Begitu (aturan) itu dikeluarkan, ada perlambatan penyerapan pasar di kelas itu," kata Vivin.

Berdasarkan riset Jakarta Property Market Update Kuartal I/2017, proyek apartemen yang diluncurkan tahun ini seluruhnya menyasar kelas menengah ke bawah. Totalnya sebanyak 3 proyek dengan 1.333 unit.

Proyek ini adalah Daan Mogot City menara Canary sebanyak 308 unit, Permata Hijau Suites menara Ivory 329 unit, dan East 8 menara B sebanyak 696 unit.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X