Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Mudik Lebaran 2017, Jalur Pemalang-Weleri Digratiskan

Kompas.com - 05/04/2017, 18:00 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - Para pemudik yang akan melintasi Tol Trans-Jawa ruas Pemalang hingga Weleri di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, saat mudik Lebaran 2017, akan dibebaskan dari biaya.

Itu artinya, para pemudik bisa menggunakannya secara cuma-cuma atau gratis. Hal ini dimungkinkan karena ruas Pemalang hingga Weleri masih berstatus fungsional.

Sebaliknya, saat melintasi tol dari Jakarta hingga Pemalang, para pemudik diharuskan membayar tol dengan tarif normal.

Karena itu, untuk memantapkan kesiapan jalan tol saat mudik Lebaran 2017, Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berupaya meningkatkan pekerjaan pada ruas-ruas tol untuk target operasional dan fungsional.

"Kami terus berupaya memenuhi apa yang ditargetkan Pak Menteri (PUPR). Insya Allah sampai Pemalang akan beroperasi dan selebihnya optimistis fungsional sampai Weleri," tutur Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Arie Setiadi Moerwanto, di Gedung Bina Marga Jakarta, Rabu (5/4/2017).

Baca: Sebagian Tol Trans-Jawa Bisa Dijajal Saat Mudik Lebaran 2017

Lebih lanjut Arie menambahkan, pihaknya terus mengupayakan agar jalur fungsional bisa mencapai Ngaliyan di Kota Semarang, Jawa Tengah.

Namun, sampai saat ini statusnya masih 50:50 akibat masih terkendala lahan. Arie mengakui masih belum bisa melakukan pembayaran ke pihak-pihak yang secara sah memiliki lahan di sekitar tol tersebut.

Di sisi lain, ia terus diingatkan oleh banyak pihak termasuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar tragedi kemacetan sepanjang 18 kilometer atau "Brexit" tak lagi terjadi pada mudik tahun ini.

Maka dari itu, salah strateginya adalah dengan memaksimalkan atau memperbanyak akses keluar tol menuju jalan nasional dan pembangunan empat overpass atau jalan layang di atas sebidang rel kereta api.

Dari Pejagan sampai Prupuk tengah dibangun 4 overpass, dua bisa fungsional, yakni Dermoleng dan Klonengan.

"Sedangkan Kesambi dan Prupuk masih kami tunggu tanggal 15 ini karena masih ada pembebasan lahan dan harapannya fungsional semua sembari perbaikan jalan juga di sana," pungkas Arie.

Maulana Mickael Jalur Fungsional Mudik Lebaran 2017

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com