Kompas.com - 03/04/2017, 18:11 WIB
Rancangan D-Holl karya mahasiswi Universitas Indonesia (UI) Stevanny PutriRancangan D-Holl karya mahasiswi Universitas Indonesia (UI)
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KompasProperti - Mahasiswi Universitas Indonesia (UI) Stevanny Putri mendesain proyek Perancangan Arsitektur 5 dengan basis transit oriented development (TOD) di Cawang, yaitu D-Holl.

Saat ini, ada beberapa moda transportasi yang ada di Cawang, antara lain kereta komuter, Trans Jakarta, dan yang akan datang adalah moda transportasi ringan atau light rail transit (LRT).

"Proyek ini mengambil lokasi di situsnya Menara Saidah sekarang yang sekarang dilintasi berbagai moda transportasi umum," ujar Stevanny saat pameran arsitektur HUNI_KOMUNAL di Kedai Ketan Susu, Jakarta, Sabtu (1/4/2017).

Ia melihat lokasi ini cukup strategis karena berada dalam kawasan perkantoran menengah dengan peluang mobilisasi, khususnya pejalan kaki.

Menurut Stevanny, kekurangan kawasan ini adalah ketersediaan moda transportasi yang tidak terintegrasi.

Misalnya, antara kereta komuter dengan TransJakarta, pengguna harus melewati kolong jembatan dengan kondisi kurang memadai.

Ini adalah akibat keberadaan dua jalan raya yang berada pada level stasiun kereta di Jalan Cikoko Timur dan Jalan Tol Dalam Kota di Jalan MT Haryono setinggi 8 meter.

Berangkat dari kebutuhan tersebut, Stevanny merancang sebuah bangunan yang berfungsi sebagai mal, hotel, dan perkantoran sehingga menjadi kawasan yang kompak.

Bangunan ini seluas luas 38.336 meter persegi dan terhubung terowongan di bawah Jalan Cikoko dan Jalan MT. Haryono.

Hotelnya dibangun untuk pekerja kantoran kelas menengah yang berada di sekitar bangunan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.