Pameran Huni Komunal Sajikan Solusi Desain Tinggal di Kota

Kompas.com - 03/04/2017, 12:23 WIB
Pameran desain arsitektur #huni_komunal di Kedai Ketan Susu, Jakarta, Sabtu (1/4/2017). Arimbi RamadhianiPameran desain arsitektur #huni_komunal di Kedai Ketan Susu, Jakarta, Sabtu (1/4/2017).
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KompasProperti - Kota adalah masa depan dunia. Saat ini 54 persen penduduk dunia hidup di kota. Angka tersebut bakal terus bertambah.

Kota menjadi sumber pertumbuhan ekonomi dunia, perkembangan seni budaya masyarakat, dan sarana pertukaran ilmu pengetahuan umat manusia.

Dengan segala kelebihan kota, adalah sebuah keniscayaan bila umat manusia kemudian berkumpul dan hidup bersama.

"Kota tidak dapat membesar, namun penghuni akan bertumbuh. Oleh karena itu, hidup di kota harus memiliki sifat menerima perbedaan, mau membagi ruang, dan pikiran terbuka," ujar alumnus Departemen Arsitektur UI Prabham Wulung, Sabtu (1/4/2017).

Berdasarkan hal tersebut, sejumlah arsitek berkumpul untuk menampilkan petunjuk bahwa kota adalah tentang hidup bersama, melalui Pameran #HUNI_KOMUNAL, di Kedai Ketan Susu, Jakarta.

Dalam pameran ini, para arsitek yang terlibat adalah Andi Pratama (ANDP arsitek), Aribowo D. Sukaton (ADS studio), Erick Budhi & Budiarti Prananingrum (BEstudio), dan Farrizky Astrawinata & Priyanto (Moreids).

Selain itu, ada pula Michael J. Brohet (MJB architects), Noerhadi Kritz (RDMA), serta mahasiswa-mahasiswi arsitektur Universitas Indonesia (UI).

Mereka mencoba menampilkan beberapa karya hasil penelitian dan riset tentang bermukim secara komunal.

Hasil-hasil pengembangan desain adalah upaya dalam mencoba menggali lebih dalam tentang hidup bersama dalam kerangka cara hidup masyarakat Nusantara.

"Cara hidup masyarakat yang sudah teruji dalam ribuan tahun di kepulauan Nusantara sangat penting diangkat agar hidup mengkota ini sesuai dengan iklim dan daya dukung tanah," tutur Prabham.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X