Kompas.com - 30/03/2017, 22:30 WIB
Trans Sumatera Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPRTrans Sumatera
|
EditorHilda B Alexander

JAKARTA, KompasProperti – Untuk meningkatkan konektivitas, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengejar pembangunan jalan tol, terutama Trans-Sumatera.

Tol yang masuk daftar pembangunan infrastruktur prioritas ini rencananya menghubungkan kota-kota di Sumatera mulai dari Banda Aceh sampai Lampung.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyatakan saat ini progres pembangunan Tol Trans-Sumatera sudah mencapai 62 persen.

"Bakauheni-Terbanggi Besar mudah-mudahan sudah dapat dioperasikan 2017 ini. Palembang-Indralaya juga bisa dioperasikan Bulan Juni 2017," ujar Basuki melalui keterangan tertulis yang diterima KompasProperti, Kamis (30/3/2017).

Selain itu, Basuki mengatakan, ruas yang juga akan diupayakan beroperasi secara fungsional adalah Medan-Binjai. Sementara itu, untuk ruas Pekanbaru-Dumai sudah dimulai pekerjaan fisiknya.

Rinciannya, Ruas Tol Medan–Binjai Seksi 2 Helvetia–Semayang memiliki panjang 6,18 kilometer dan Seksi 3 Semayang–Binjai sepanjang 4,28 kilometer.

Palembang–Indralaya yang beroperasi fungsional adalah Seksi 1 Palembang–Pamulutan 7,75 kilometer dan Bakauheni-Terbanggi Besar Paket 2 (Sidomulyo-Kotabaru) Segmen Lematang-Kotabaru sepanjang 5,025 kilometer.

Sedangkan untuk ruas Tol Trans-Sumatera lainnya yang akan selesai pembangunannya pada 2017 ini, yaitu ruas Palembang-Indralaya Seksi 3 (KTM-Simpang Indralaya) sepanjang 9,28 kilometer.

Kemudian, Bakauheni Terbanggi Besar Paket 1 (Bakauheni-Sidomulyo) Segmen Pelabuhan Bakauheni-Bakauheni sepanjang 8,90 kilometer.

Terakhir, seluruh ruas Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi sepanjang 61,7 kilometer juga akan selesai pembangunannya tahun ini.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.